Bitcoin Dominan Terus Naik, Jangan Membabi Buta di Alts Coin!

Portalkripto.com– Dominasi pasar Bitcoin terus meningkat selama 7 hari terakhir. Bahkan, pada perdagangan, Senin, 14 Juni 2021, Dominasi BTC mampu menembus harga tertinggi sejak empat minggu kebelakang, saat pasar crypto crash.

Berdasrakan data Tradingview, dominasi pasar BTC saat ini berada di level 45,8%. Ini bisa menjadi sinyal bagi tren bullish bagi Bitcoin. Total Bitcoin domina ini merupakan yang tertinggi sejak Mei 2021. Pada Mei 2021, dominasi pasar Bitcoin mencapai level terendah 39% pada 17 Mei setelah reli yang signifikan dalam altcoin.

Lonjakan terbaru dalam dominasi pasar Bitcoin menunjukkan bahwa BTC berkinerja lebih baik daripada aset cryptocurrency lainnya dalam hal kenaikan harga. Saat ini, BTC memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$740 miliar. 

Berdasarkan analisa portalkripto.com, saat ini dominasi pasar BTC sedang berusaha naik untuk menyentuh resistance terdekatnya pada titik 48.44%. 

Apabila berhasil breakout maka ada kemungkinan bitcoin dominance akan menyentuh titik 52.47% yang merupakan harmonic resistance fibonacci retracement ratio 0.382 nya.

BTC.D 1W TradingView

Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang positif apabila bitcoin dominance berhasil menyentuh 50% kembali. Karena kemungkinan akan berpengaruh pada pergerakan harga Bitcoin, tentu saja sebagai fundamental yang positif. 

LIHAT JUGA: VIDY Terlibat NFT Market Binance 24 Juni, Cocok Beli di Harga Berapa?

Tetapi apabila bitcoin dominance kembali koreksi dan berhasil menembus support nya pada titik 39.69%, maka kemungkinan pergerakan dominasi bitcoin akan kembali koreksi hingga menyentuh titik 35.82%.

Namun, di samping itu, ini merupakan pertanda yang kurang baik bagi para pemegang alt coin. Bitcoin yang tengah berada di jalur bullish, menjadi sinyal bahwa pasar tengah terkonsentrasi di BTC. 

LIHAT JUGA: Teknikal Analisis: Prediksi Harga Terendah Bitcoin

Sehingga, disarankan, untuk saat ini tidak bijak untuk memborong atau membeli alt coin secara membabi buta. Apalagi membeli coin atau token yang secara fundanmental belum teruji. 

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.