Cardano (ADA) Curi Panggung Di Tengah Isu Energi Kotor Bitcoin 

Portalkripto.com– Mata uang kripto Cardano (ADA) terus menciptakan harga tertinggi barunya selama bulan ini. ADA kini menjadi altcoin yang paling moncer di tengah tren bearish (penurunan) Bitcoin. 

Pada 16 Mei 2021, harga ADA mencapai US$2,25. Harga tersebut merupakan pencapaian harga tertinggi barunya setelah minggu lalu ADA berhasil mencetak all time high. Pencapaian ini sangat mencolok di tengah tren bearish sejumlah altcoin di akhir pekan ini.

Akhir pekan ini pun ADA berhasil menyalip DOGE di posisi keempat koin bervolume besar versi coinmarketcap. Saat laporan ini ditulis, kapitalisasi pasar ADA mencapai US$70,923,390,963, meningkat 16,51 persen dalam 24 jam terakhir.

Dari sisi kapitalisasi pasar, ADA menjadi ancaman bagi Binance Coin yang saat ini bertengger di posisi ketiga di bawah BTC dan ETH. Banyak analis yang menilai, ADA bisa saja mempersempit persaingan antara elite altcoin seperti Ethereum dan BNB.

LIHAT JUGA: Dominasi BTC Makin Tergerus, Terburuk Sejak 3 Tahun Terakhir

Peningkatan harga ADA saat ini salah satunya dipengaruhi oleh sentimen tentang Bitcoin yang dinilai telah menghabiskan energy secara brutal. Sedangkan, ADA diproyeksikan sebagai cryptocurrency yang ramah lingkungan.

Berbeda dengan Bitcoin yang memiliki sistem proof-of-work, yang dinilai sangat menguras energy, ADA justru memiliki alternatif dengan menggunakan algoritma konsensus bukti kepemilikan (proof of stake) untuk memvalidasi transaksi.

Dalam algoritme proof-of-work dalam BTC, penambang berlomba untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks. 

Karena teka-teki ini memiliki kesulitan yang terus meningkat, penambang perlu menjalankan komputer yang lebih kuat, mengoperasikan perangkat keras dan listrik dengan kecepatan yang sangat menguras energi. Sebagai hadiah, jaringan mengeluarkan penambang dengan koin yang baru dicetak.

LIHAT JUGA: Elon Musk: Tesla akan Tangguhkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Sebaliknya, algoritma bukti kepemilikan (proof of stake) milik Cardano memungkinkan mereka yang memiliki jumlah koin terbesar untuk memvalidasi transaksi secara mandiri.

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.