Coinbase Memberhentikan Sekitar 1.100 Karyawannya

Share :

Portalkripto.comExchange kripto terbesar di Amerika Serikat, Coinbase, mengurangi tenaga kerjanya sebesar 18% atau sekitar 1.100 karyawan. Hal itu disampaikan oleh CEO-nya, Brian Armstrong, di blog resmi Coinbase pada Selasa, 14 Juni 2022.

Amstrong mengatakan pengurangan tenaga kerja ini sudah didiskusikan secara mendalam bersama sejumlah eksekutif dengan mempertimbangkan kondisi pasar terkini.

Dia mengatakan ada tiga hal yang menjadi perhatiannya yaitu kondisi ekonomi yang berubah dengan cepat yang menyebabkan resesi dan winter crypto, Coinbase yang tumbuh terlalu cepat, dan pengeluaran yang terlalu besar.

Berdasarkan ketiga kondisi tersebut, maka Amstrong memutuskan dua hal penting. Pertama, mengurangi pengeluaran. Dia menjelaskan, Coinbase tumbuh terlalu pesat dalam 1,5 tahun terakhir, dimana jumlah karyawannya bertambah empat kali lipat dalam rentang 18 bulan. Hal itu berdampak pada pengeluaran yang lebih besar.

Kedua, meningkatkan efisiensi. Dengan jumlah karyawan yang terlalu banyak membuat Coinbase kurang efektif.

“Kami melihat diri kami melambat secara signifikan karena hambatan koordinasi dan kesulitan mengintegrasikan anggota tim baru. Kami percaya pengurangan sumber daya yang ditargetkan akan membuat kami menjadi lebih efisien,” katanya.

Dalam blognya itu, Amstrong juga mengatakan setiap karyawan yang diberhentikan akan menerima email berisi pemberitahuan PHK dan hak pesangon.


Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya:

Bitcoin Belum Aman, Harga di Bawah $ 20 Ribu Masih jadi Momok

Bitcoin Diprediksi Mengulang Siklus 2018, Bisa Sentuh Harga $ 14 Ribu

Total Kapitalisasi Pasar Kripto Anjlok, Terendah Sejak Februari 2021


Saham Coinbase turun hampir 80% tahun ini karena penurunan tajam harga kripto yang telah merusak volume transaksi bursa. Pada Selasa pagi, saham Coinbase naik sekitar 1% dalam perdagangan pra-pasar setelah berita PHK diumumkan. Namun, dalam perdagangan reguler, saham turun sekitar 3% menjadi $50,40.

Menanggapi pengumuman tersebut, Mizuho menurunkan perkiraan pendapatan 2022 untuk Coinbase dan mengurangi target harganya dari $60 menjadi $45.

Coinbase menjadi perusahaan kripto terbaru yang mengumumkan PHK.

Sehari sebelumnya, platform pinjaman BlockFi mengurangi jumlah pegawainya sebesar 20%. Di hari yang sama, exchange kripto Crypto.com menyatakan memangkas sekitar 260 pegawainya. Sebelum itu, exchange Gemini sudah mengurangi jumlah karyawannya sebanyak 10% dan bursa kripto terkenal di Timur Tengah, Rain, pun memotong lusinan karyawannya.

Pasar kripto mengalami koreksi terdalamnya selama lebih dari dua tahun, dengan perdagangan bitcoin di area $22.150 atau 68% lebih rendah dari nilai tertingginya sepanjang masa sekitar $69.000 pada November lalu.