Dogecoin (DOGE) Sebuah Lelucon yang Menguntungkan

Portalkripto.com– Dogecoin (DOGE) sekali lagi menunjukan performa kenaikan harga yang menakjubkan. Selasa, 4 Mei 2021, koin meme ini berhasil menginjak harga tertinggi barunya dalam sejarah. 

Dalam seminggu terakhir, DOGE mengalami peningkatan harga sebesar 103,07%. Hal tersebut menjadikan DOGE kini masuk jajaran 4 besar koin dengan volume tertinggi versi coinmarketcap.

DOGE berada di jajaran “elit” cryptocurrency bersama BTC, ETH, dan BNB. Meskipun, sekali lagi, koin ini tidak memiliki fundamental dan pengembangan yang baik. Namun, dorongan popularitas di media sosial membuat DOGE kini menjadi koin yang paling menguntungkan.

Maka dari itu, DOGE menjadi koin yang sangat menguntungkan meskipun tidak memiliki proyek dan pengembangan ekosistem yang serius seperti koin lainnya. 

LIHAT JUGA: Doge Coin, Sebuah Kegilaan di Pasar Crypto 

Elon Musk dan DOGE

Dikutip dari Cointelegraph, hingga hari ini, tercatat  693 alamat teratas menyimpan 79,2% dari total DOGE yang beredar. Statistik yang mencengangkan ini bahkan dikritik oleh Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX. Pasalnya, DOGE saat ini hanya terkonsentrasi pada segelintir orang yang menguasainya. 

“Jika pemegang Dogecoin utama menjual sebagian besar koin mereka, itu akan mendapatkan dukungan penuh saya. Terlalu banyak konsentrasi adalah satu-satunya masalah nyata,” cuit Elon Musk pada 15 Februari 2021.

Tak ayal, sampai saat ini dorongan harga DOGE sangat dipengaruhi oleh cuitan Elon Musk. Peningkatan harga minggu ini pun tak lepas dari cuitan Elon yang menyebutkan bahwa tanggal 8 Mei ini bakal ada “event” The Dogefather.

LIHAT JUGA: Cuitan Elon Musk Ternyata Punya Pengaruh Pada Kenaikan Harga Cryptocurrency

DOGE Jadi Indikator Alt Season

Sementara itu, berdasarkan analisis histori yang dibuat oleh Cointelegraph, sejak pertengahan tahun 2020, DOGE selalu menjadi indikator bakal terjadinya musim alt coin.

Hal tersebut terpantau sejak 7 Juli 2020. Di mana saat itu DOGE membukukan keuntungannya sebesar 73% dalam waktu kurang dari 36 jam. Setelah itu, nilai altcoin mulai melonjak meskipun tidak berlangsung lama. Saat itu, kapitalisasi pasar altcoin naik dari $ 105 miliar menjadi $ 130 miliar, yang merupakan peningkatan 24% hanya dalam 10 hari.

Indikator lainnya adalah saat DOGE pump hingga 182% di awal tahun 2021. Sekitar 36 jam kemudian, kapitalisasi pasar altcoin memulai reli 50%, meningkatkannya menjadi $ 340 miliar.

Efek yang lebih substansial terjadi pada 18 Januari, karena koin meme ini naik lebih dari 1.000%. Tiga hari kemudian, kapitalisasi pasar altcoin memulai reli 60% menjadi $ 560 miliar.

Berawal Dari Meme yang Mengolok-olok Cryptocurrency

Doge Coin merupakan sebuah proyek cryptocurrency yang diciptakan sebagai medium bersenang-senang para pendirinya. Koin ini awalnya dikenal hanya sebatas meme di internet dengan logo anjing shiba. 

Meme tersebut dibuat seolah-oleh ingin mengolok-olok industr cryptocurrency yang saat itu baru mulai berkembang. 

Namun, di tangan Billy Markus dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia, Doge diciptakan sebagai cryptocurrency. Meskipun, tetap didasari oleh “ketidakseriusan”. 

Dalam sebuah forum di Reddit, Billy Markus pernah mengungkapkan bahwa ia tidak pernah membayangkan harga Doge bisa mencapai US$1. Menurutnya hal tersebut sangat utopis dan sulit dipahami.