Dominasi BTC Makin Tergerus, Terburuk Sejak 3 Tahun Terakhir

Portalkripto.com– Dominasi Bitcoin sebagai pemegang terbesar kapitalisasi pasar mata uang kripto semakin tergerus. Tahun ini menjadi massa terburuk bagi dominasi BTC. Sejak Januari 2021 hingga saat ini, kapitalisasi pasar BTC terus terkoreksi. 

Berdasarkan data chart Tradingview dan Coingecko dominasi BTC hari ini, 15 Mei 2021, menjadi yang terburuk sejak tahun 2019. BTC dominance sempat anjlok hingga 39%. 

Peristiwa ini mengingatkan pada Bitcoin di tahun 2018. Di mana, saat itu BTC mengalami penurunan harga disertai kapitalisasi pasar yang semakin anjlok, hingga menyentuh 37,64%. Tahun 2018 masih menjadi tahun terburuk bagi BTC.

Bitcoin dominance 1 M. Sumber: TradingView

Penurunan BTC dominan ini menjadi tanda bahwa pasar sudah jenuh dengan kepemilikan koin tersebut. Pasar kini mulai tergiring memperdagangkan alt coin dan mulai mencoba membeli koin atau token yang mulai Initial Coin Offering (ICO) atau baru rilis.

Kejatuhan dominasi BTC ini sebetulnya merupakan sinyal bagi penguatan sejumlah alt coin. Pasar beralih memilih alt coin yang dinilai lebih potensial.

LIHAT JUGA: Dominasi Bitcoin Semakin Tergerus (45%), Akankah Kejadian 2018 Terulang?

Berdasarkan data TradingView, sejumlah koin yang mendapat dampak positif dari penurunan dominasi BTC ini adalah Ethereum, Dogecoin, dan Cardano (ADA). Tiga koin tersebut mengalami peningkatan kapitalisasi pasar sejak bulan Mei. 

ETH dominance 1 M. Sumber: Tradingview

Ethereum menjadi koin dengan peningkatan kapitalisasi pasar paling besar. Dalam satu bulan terakhir, ETH menambahkan dominasi mereka hingga sekitar 8%.

LIHAT JUGA: Prediksi Harga Terkuat DOGE Setelah Sabda Elon Musk

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.