Ethereum Semakin Digilai oleh Investor Institusional, Bagaimana dengan Bitcoin?

Portalkripto.com– Ethereum semakin mendekati dominasi Bitcoin sebagai koin yang paling diburu oleh investor institusional. Cryptocurrency terbesar kedua dari segi kapitalisasi pasar ini kini telah mewakili lebih dari seperempat aset yang dikelola (assets under management ) dari produk investasi kripto. 

Hal tersebut diungkapkan oleh laporan mingguan CoinShares, yang berjudul June 1 Digital Asset Fund Flows Weekly. Laporan tersebut menyebutkan arus masuk institusional pada akhir-akhir ini melonjak signifikan sebesar US$ 74 juta.

Investor terlembaga ini nampaknya berusaha untuk memanfaatkan kejatuhan pasar yang dimulai sejak 19 April 2021. Selama kurang lebih satu bulan, sejumlah koin kehilangan lebih dari 50% keuntungannya. 

Dalam situasi seperti itu, ETH nampaknya menjadi cryptocurrency yang paling disukai oleh investor institusional. Lebih dari 63% dari total arus masuk investasi tersebut disuntikan ke ETH. Jumlahnya sekitar US$ 46,8 juta. 

LIHAT JUGA: Empat Coin Potensial Juni 2021, Beserta Analisis Teknikalnya

“Produk ether sekarang mewakili 27% dari AUM (assets under management) gabungan untuk produk investasi kripto — pangsa tertinggi yang pernah ada,” tulis laporan tersebut.

Selain ETH, coin lain yang menjadi incaran investor kakap adalah Cardano (US$ 5,2 juta), XRP (US$ 4,5 juta), dan Polkadot ($ 3,8 juta). Selain itu, investor institusional juga menyuntikan ke sejumlah produk aset kripto  sebesar US$11,1 juta.

Sementara itu, arus keluar Bitcoin dilaporkan melambat. Arus keluar BTC selama tiga minggu terakhir tercatat sebesar US$246 juta.

Meskipun demikian,  arus masuk Bitcoin selama 30 hari sebesar $47,9 juta saat ini setara dengan kira-kira sepertiga dari $147,7 juta Ether. Maka dari itu, Bitcoin masih mendominasi arus masuk tahun ini dengan hampir $4,4 miliar dibandingkan dengan $973 juta dari ETH.

LIHAT JUGA: Bitcoin Bisa Kembali Sentuh Harga US$ 58 Ribu, Begini Skemanya

Namun, momentum ETH baru-baru ini telah memunculkan spekulasi mengenai persaingannya dengan BTC. Ethereum saat ini mengalahkan “dewa” cryptocurrency crypto dengan jumlah transaksi, volume, dan biaya, dan volume perdagangan.

Berdasarkan data CoinGecko, ETH saat ini adalah aset kripto yang paling banyak diperdagangkan kedua dengan volume harian $38,8 miliar, peringkat di belakang hanya $103 miliar Tether. BTC senilai sekitar $32,9 berpindah tangan selama 24 jam terakhir.

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.