Investasi Kripto Institusional Malah Meningkat Setelah Serangan FUD China

Portalkripto.com– Investor institusional atau paus mengambil kesempatan untuk serok Bitcoin disaat harganya turun setelah serangan FUD China. Pada pekan lalu arus masuk investor institusional meningkat, sebanyak $95 juta. 

Berdasarkan laporan Mingguan Arus Dana Aset Digital 27 September dari CoinShares lonjakan pembelian disaat harga sejumlah aset anjlok  mendorong arus masuk enam minggu berturut-turut untuk produk investasi kripto institusional secara luas.

Arus masuk senilai $95 juta itu terpantau sejak tanggal 20 September dan 24 September. Pencapaian ini menandai peningkatan arus masuk mingguan sebesar 126%. Produk investasi BTC dan Ether memimpin dengan arus masuk senilai $50,2 juta dan $28,9 juta.

Sentimen positif terhadap aset justru malah meningkat selama bulan September  ini. Hal tersebut ditandai dengan arus masuk yang meningkat selama tiga minggu terakhir. Aliran masuk ke produk Bitcoin juga meningkat 234% dari minggu ke minggu.

LIHAT JUGA: Larangan Crypto di China: Lagu Lama, Cerita Lama

Sementara itu, ketertarikan institusional pada altcoin pun masih tampak kuat. Altcoin yang menjadi kesukaan institusional saat ini ialah Solana (SOL), Cardano (ADA) dan Polkadot (DOT). Ketiganya masing-masing membukukan arus masuk sebesar $3,9 juta, $2,6 juta, dan $2,4 juta. Dana multi-aset juga melihat arus masuk sebesar $6,4 juta minggu lalu.

Lagu Lama FUD China

Pada 24 September, People’s Bank of China (PBoC) menerbitkan sebuah memo yang mengumumkan larangan untuk semua transaksi kripto. Pengumuman ini memicu penurunan  harga Bitcoin (BTC) sebesar 8% dan menyeret  kemunduran yang lebih luas di pasar kripto.

Tak hanya berpengaruh pada penurunan harga, FUD China memberi dampak psikologis pasar yang pada saat itu sedang berada dalam trend positif. Sebelum ada pengumuman tersebut, BTC sudah rebound dan secara teknikal sedang mengejar resistensi di harga $ 46 ribu. 

Langkah-langkah terbaru PBOC – yang awalnya diterbitkan pada 3 September sebelum diambil oleh outlet media barat minggu lalu – menguraikan bahwa lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran dilarang menyediakan layanan apa pun yang terkait dengan transaksi kripto.

Sementara FUD dari regulator China secara historis berdampak pada pasar crypto , FUD juga berfungsi sebagai katalis untuk lonjakan harga atau bull run di bulan-bulan berikutnya setelah pengumuman.

Pada bulan September 2017, pemerintah China melarang pertukaran crypto dari menawarkan layanan kepada pengguna di negara itu, sementara juga melarang warga untuk berpartisipasi dalam penawaran koin awal. Setelah larangan ganda, harga BTC membuat kenaikan bersejarah dari kisaran $4.000 ke harga tertinggi sepanjang masa sekitar $20.000.

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM