Lebih Dekat dengan Ethereum, Beserta Analisis Teknikalnya

Portalkripto.com-Ethereum adalah sistem blockchain open source yang ter-desentralisasi dan memiliki cryptocurrencynya sendiri yang disebut dengan Ether (ETH). ETH adalah uang digital sama seperti Bitcoin. 

ETH juga memiliki banyak fitur dan dapat dikirimkan kepada setiap orang dimanapun secara instan. Suplai ETH tidak dikontrol otoritas manapun, karena suplai ETH terdesentralisasi dengan jumlah yang terbatas.  

Ethereum pertama kali dikenalkan melalui whitepapernya pada tahun 2013 oleh Vitalik Buterin. Vitalik Buterin dan pendiri lainnya mendapatkan pendanaan untuk proyek tersebut dalam penjualan publik online pada musim panas 2014 dan secara resmi meluncurkan blockchain pada 30 Juli 2015.

LIHAT JUGA: Ethereum (ETH) Melesat Lebih Cepat, Tinggalkan Laju Bitcoin

Tujuan Ethereum sendiri adalah menjadi platform global untuk aplikasi terdesentralisasi, yang memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk menulis dan menjalankan perangkat lunak yang tahan terhadap sensor, waktu henti, dan penipuan.

Ethereum menjadi pelopor akan konsep platform kontrak pintar atau smart contract blockchain. Smart Contract adalah program komputer yang secara otomatis menjalankan tindakan yang diperlukan untuk memenuhi kesepakatan antara beberapa pihak di internet.

Selain Smart Contract, blockchain Ethereum dapat menampung cryptocurrency lain, yang disebut dengan “token”, melalui penggunaan standar kompatibilitas ERC-20 nya. 

Saat ini lebih dari 280,000 token menggunakan blockhchain ERC-20, dan lebih dari 40 diantaranya menjadi top 100 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, seperti USDT, LINK, dan BNB.

Analisis Teknikal

ETH/USDT 1D Binance
ETH/USDT 1D Binance

Pergerakan harga Ehtereum (ETH) masih sangat bullish, hal ini terlihat pada saat harga Bitcoin (BTC) mengalami koreksi yang cukup dalam, salah satu cryptocurrency yang bertahan adalah ETH. Walau sempat koreksi karena penurunan harga BTC, pergerakan harga ETH terbilang bertahan karena koreksi-nya tidak terlalu dalam dan kembali pullback dengan cepat, hal ini membuat pergerakan harga ETH masih konsisten pada trend bullish nya.

Ada beberapa faktor mengapa harga ETH masih konsisten pada laju trend bullishnya, salah satunya karena pada Bulan April ini ETH melakukan Berlin Hard Fork, yang dimana ada beberapa perubahan pada blockchain ETH, salah satunya memangkas biaya kirim melalui blockchain ETH, dan sebab yang lainnya tentu saja karena utility dari ETH yang begitu solid. 

Pada Bulan Juli 2021 mendatang ETH dikabarkan akan menyelenggarakan event penting yang diberi istilah London Hard Fork, hal tersebut bisa menjadi fundamental yang kuat untuk ETH agar bertahan dan konsisten pada laju bullishnya.  

Secara teknikal pergerakan harga dari ETH masih pada laju bullish nya. Terlihat pada tanggal 27 April 2021 pergerakan harga ETH mampu menembus (breakout) major resistance nya pada harga US$2,522 , hal tersebut menjadikan laju pergerakan ETH terbang dan menciptakan ATH (All Time High) baru.

Ada beberapa kemungkinan untuk laju pergerakan harga ETH selanjutnya. Yang pertama ETH akan mengalami koreksi dahulu hingga menyentuh harga US$2,522 sebelum melanjutkan trend bullishnya. Kedua, pergerakan harga ETH akan langsung mencoba untuk mengejar target selanjutnya yaitu pada harga US$2,873. Apabila pergerakan harga ETH dapat breakout pada harga US$2,873, maka next target ETH adalah pada area harga US$3,247 – US$3,444.   

Untuk analisa lebih dalam dan continue mari berlangganan premium konten portalkripto.com

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.