Pemilik Ethereum Bantah Argumentasi Elon Musk Soal DOGE 

Portalkripto.com– Pendiri Ethereum Vitalik Buterin telah menulis sebuah makalah panjang tentang batasan skalabilitas blockchain. Makalah ini ditujukan untuk membantah sekaligus mengkritik klaim yang dibuat oleh CEO Tesla, Elon Musk, soal Dogecoin yang bisa ditingkatkan ukuran bloknya sebesar 10x.

Elon Musk sebelumnya membuat cuitan yang mengatakan Dogecoin akan muncul sebagai rantai (blockchain) terdepan jika meningkatkan ukuran bloknya sebesar 900%:

“Ideally, Doge speeds up block time 10X, increases block size 10X & drops fee 100X. Then it wins hands down,” cuit Elon pada 15 Mei 2021.

Menanggapi cuitan tersebut, Vitalik memaparkan sebuah makalah yang diunggah di blog pribadi pada 23 Mei 2021. Ia menyebutkan dalam makalahnya bahwa klaim Elon tersebut mustahil terwujud. Adapun jika terwujud blockchain tersebut haru mengarah ke sentralisasi ekstrim dan mengorbankan properti fundamental.

LIHAT JUGA: Cuitan Elon Musk Bikin US$ 98 Juta “Menguap” dari Bitcoin

Artinya, klaim Elon tersebut hanya masuk akal apabila blockchain tersebut menerapkan sistem sentralisasi. Karena, menurut Vitalik desentralisasi diperlukan untuk menghilangkan risiko jaringan yang memiliki satu titik kegagalan, dan perlindungan yang dinikmati jaringan yang tersebar luas terhadap serangan terkoordinasi. 

Dia menambahkan bahwa desentralisasi tidak dapat dicapai tanpa siapapun bebas menjalankan node. “Tetapi akan membutuhkan kerja keras untuk melakukan ini tanpa mengorbankan desentralisasi yang membuat blockchain sangat berharga,” tulis Vitalik.

Elon Musk pun langsung memberikan tanggapan terkait dengan makalah Vitalik di Twitternya. Elon membuat sebuah cuitan yang mengatakan “He fears the..” dengan menampilkan gambar anjing shiba inu bertuliskan DOGE.