Profesional IT di Swiss Tanam Chip Bitcoin di Tangan

Share :

Portalkripto.com — Komunitas Bitcoin dikejutkan dengan kabar seorang IT sekaligus Bitcoiner asal Swiss telah melakukan percobaan tanam chip Bitcoin Lightning Network di tangan kanannya. Lightning Network adalah jaringan pembayaran peer-to-peer layer-2 dari Bitcoin.

Profesional IT yang menyebut dirinya sendiri dengan nama F418 ini mengatakan, percobaan tersebut dilakukan agar transaksi pembayaran dengan Bitcoin bisa dilakukan dengan mudah, langsung menggunakan tangan, tanpa perlu kartu atau smartphone.

Gambar X-Ray chip Bitcoin yang ditanam di tangan F418. (sumber: YouTube).

Kepada Cointelegraph, F418 mengatakan, eksperimen yang dilakukannya bukan untuk tujuan serius. Ia juga tidak merekomendasikan Bitcoiner lainnya untuk melakukan ini.

“Tujuannya hanya untuk menunjukkan bahwa ini mungkin dilakukan dan Anda bisa melakukan ini,” ujarnya.

Meski tampak mudah, F418 mengungkapkan ada risiko medis di balik penggunaan chip ini. Jika proses penanaman chip gagal dan harus diulang, ada risiko infeksi yang besar.

Percobaan tanam chip Bitcoin pertamanya juga sempat gagal dan ia harus meminta bantuan medis profesional untuk melakukan operasi pengeluaran chip dari tangannya.

Namun, percobaan kedua berhasil. Chip yang ditanam di tangan kanannya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dengan Bitcoin melalui layanan Lightning Network, tanpa rasa sakit.

“Saya tidak merasakan apapun, bahkan saat saya pergi ke gym,” ungkap F418.

F418 melakukan pembayaran camilan dengan menempelkan ponsel penjual ke tangan kanannya. (sumber: YouTube).

Chip yang ditanam dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC), yang penggunaannya sudah semakin populer di dunia Bitcoin. Teknologi NFC di Lightning Network mulai banyak dipakai setelah kemunculan Bolt Card yang resmi tersedia di Isle of Man dan El Salvador.

NFC bisa ditempel di kartu, stiker, atau bahkan kaos kaki, yang bisa langsung di-tapping ke ponsel penjual.

Lightning Network adalah protokol pembayaran layer-2 yang beroperasi di atas blockchain Bitcoin. Protokol ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi instan dan melakukan banyak pembayaran tanpa harus menunggu transaksi dikonfirmasi di blockchain.