Portalkripto.com — Pepe The Frog, ikon meme internet yang mulai sohor sebelum tahun 2010-an, kini menjadi salah satu bahan perbincangan panas di lingkaran komunitas kripto. Selain kerap dijadikan bahan meme dan emoji di Twitter, Reddit serta Discord, Pepe kini telah menjelma sebagai salah satu proyek kripto terpopular dan menjanjikan bagi pelaku pasar.
Popularitas Pepe Coin (PEPE) ini tak kepalang tanggung. Bagaimana tidak, koin ini baru meluncur pada 15 April 2023 lalu. Dalam rentang waktu tiga pekan, PEPE sudah memiliki kapitalisasi pasar senilai $1 miliar. PEPE juga telah dikoleksi oleh lebih dari 100.000 wallet, serta menembus daftar jual bursa kripto raksasa, Binance.
Tak mengherankan bila kemudian proyek pendatang anyar ini menjadi sensasi anyar. Ia digadang-gadang menjadi penantang bagi sejumlah proyek koin meme lainnya yang telah lebih dulu ada dan menjadi penguasa, seperti Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB).
Walau tak memiliki kegunaan atau utilitas, nyatanya PEPE punya daya magis tersendiri yang membuatnya banyak dilirik investor. Daya magis PEPE ini juga telah membuat investor awal koin ini kini telah menjadi jutawan dan bahkan miliuner.
Kebanyakan di antara investor yang kini meraup untung tentu tak pernah menyangka bahwa pertaruhan mereka bakal berbuah cuan ribuan kali lipat. Apalagi, hikayat PEPE di jahat kripto terbilang masih sangat muda.
Berawal dari Pepe The Frog
Walau terbilang sebagai pendatang anyar di jagat kripto, sosok Pepe The Frog yang jadi ikon PEPE sebetulnya sudah memiliki sejarah panjang. Pepe the Frog adalah karakter kartun yang pertama kali muncul pada tahun 2005 di sebuah komik strip online buatan Matt Furie.
Pada tahun 2005, Furie menciptakan karakter kartun itu sebagai bagian dari komik online “Boys Club”. Dalam komik tersebut, Pepe digambarkan sebagai seekor katak dengan kepribadian yang santai dan lucu.
Pepe kemudian menjadi meme internet ketika popularitasnya terus naik. Gambar sang katak banyak beredar di situs web seperti Myspace dan 4chan yang sangat popular digunakan pada tahun 2008.
Pepe dikenal dengan slogan “feels good man” yang menjadi salah satu ciri khasnya. Pada tahun 2015, Pepe menjadi salah satu meme paling populer yang digunakan di 4chan dan Tumblr.

Sayangnya Pepe kemudian menjadi terkait dengan gerakan alt-right dan supremasi putih, sehingga kepopulerannya menjadi sangat kontroversial.
Jadi Simbol Politik Kontroversial
Pada awalnya, Pepe tidak memiliki konotasi politik dan hanya menjadi karakter meme populer di internet. Namun, seiring waktu, Pepe mulai digunakan sebagai meme oleh berbagai kelompok, termasuk kelompok alt-right dan supremasi kulit putih di Amerika Serikat (AS).
Penggunaan Pepe sebagai simbol oleh kelompok-kelompok ini terutama bermula pada tahun 2015 ketika kampanye presiden Donald Trump mulai berlangsung di AS. Pepe menjadi simbol bagi berbagai kelompok yang mendukung Trump dan gerakan alt-right secara umum.
Pepe juga sering digunakan sebagai simbol kebencian dan rasisme. Gambar Pepe yang dimodifikasi dengan simbol-simbol Nazi dan rasisme juga sering muncul di internet.
Furie sendiri telah mencoba untuk memisahkan Pepe dari penggunaan yang kontroversial ini. Ia merilis komik baru yang menggambarkan Pepe sebagai karakter yang jauh dari pandangan politik dan bernuansa positif.
Pada tahun 2016, Anti-Defamation League (ADL), kelompok advokasi hak-hak Yahudi, menetapkan Pepe sebagai salah satu simbol kebencian dan memasukkan karakter itu dalam daftar “Hate on Display”. Ini menandai titik balik dalam kepopularan Pepe, karena ADL adalah organisasi anti-semit dan anti-rasisme yang terkenal di seluruh dunia.
Sejak saat itu, Pepe menjadi semakin terkenal di seluruh dunia khususnya sebagai salah simbol untuk gerakan politik rasis. Namun, seiring dengan itu, beberapa kelompok juga mulai menggunakan Pepe sebagai simbol kebebasan berekspresi, tanpa memiliki pandangan politik atau ideologi tertentu.
Pada 2016, Furie dan ADL berkolaborasi dalam kampanye online #SavePepe yang bertujuan untuk menyelamatkan Pepe dari klaim-klaim kelompok kebencian. Furie membuat serangkaian meme dan pesan positif tentang Pepe sebagai bagian dari kampanye tersebut. Dia bahkan membuat komik singkat yang menggambarkan kematian sosok Pepe di The Nib.
Pada 2017, Furie mencoba untuk memulihkan citra Pepe dengan mengajukan gugatan hukum terhadap penggunaan karakter itu oleh kelompok-kelompok yang mendukung kebencian. Walaupun upaya Furie untuk memulihkan citra Pepe terus berlanjut, karakter kartun itu tetap menjadi simbol bagi kelompok-kelompok yang mendukung ideologi kebencian dan rasisme.

Pada 2018, Furie berhasil menghapus gambar Pepe dari situs neo-Nazi Daily Stormer, setelah pengacaranya mengajukan beberapa permintaan penghapusan. Dia bahkan meluncurkan kampanye anyar “Save Pepe”, untuk mendanai upaya advokasi hukumnya dalam menyelamatkan Pepe dari klaim kelompok sayap kanan. Kampanye itu juga menandai kebangkitan kembali sosok Pepe dari kubur yang sebelumnya telah dibunuh oleh Furie sendiri. Furie juga berupaya mengklaim kembali status Pepe sebagai simbol universal untuk perdamaian.
Pada 2019, Pepe digunakan oleh pengunjuk rasa dalam protes Hong Kong. Kemunculan Pepe di Hong Kong ini menjadi salah satu titik balik positif bagi sang kodok. Di Hong Kong, Pepe hadir sebagai simbol protes kelompok pro demokrasi. Furie juga menyambut baik penggunaan Pepe oleh pengunjuk rasa Hong Kong.

Penantang DOGE?
Sebagai pendatang anyar di dunia kripto, PEPE tak bisa dipungkiri punya potensi besar untuk mengganggu dominasi DOGE dan SHIB yang telah jadi penguasa koin meme. Untuk saat ini, kapitalisasi pasar PEPE masih kalah jauh dari dua seniornya itu. Kapitalisasi Pepe Coin tercatat senilai 10% kapitalisasi pasar DOGE dan sekitar 20% dari SHIB.
Tapi, kapitalisasi pasar yang masih kalah jauh ini justru bisa menjadi senjata tersendiri bagi PEPE. Secara teoretis, harga PEPE lebih mudah terkerek apabila aliran dana investor terus masuk. Kenaikan harga juga akan membuat PEPE lebih menarik. Sementara bagi DOGE dan SHIB, pergerakan harga mereka lebih sulit terjadi bila tidak dipompa modal yang lebih banyak lantaran kapitalisasi keduanya sudah kepalang besar.
Dari segi harga, pergerakan PEPE terbilang sangat bombastis. PEPE pertama kali diperdagangkan di kisaran $0.000000001 di Uniswap. Kini harga PEPE sudah naik lebih dari 300.000% ke level $0.000003107. Dulu, investor bisa menukar uang Rp1. 000 dengan 67 juta keping PEPE. Sekarang, dengan nominal yang sama, jumlah PEPE yang diperoleh hanya 20.000 keping.
PEPE juga bisa menjadi sarana pelarian kapital bagi loyalis koin meme yang sudah jenuh menunggu sinyal pergerakan harga DOGE dan SHIB. Kemungkinan ini terkonfirmasi oleh beberapa data yang memperlihatkan bahwa sebagian investor DOGE dan SHIB juga berinvestasi di PEPE.
Kapitalisasi pasar PEPE telah melampaui FLOKI, koin meme pendahulu lainnya yang lebih dulu digadang-gadang bakal menjadi penantang DOGE dan SHIBA. Pepe Coin kini berasa di ranking tiga koin meme paling top, mengalahkan sejumlah koin meme terkenal lainnya seperti FLOKI, BONK, Baby Doge, ELON, MUSK, dll.
Walau punya potensi, PEPE juga memiliki peluang untuk terjungkal. Kenaikan harga yang nyaris tak masuk akal ini bisa memicu aksi jual PEPE oleh investor awal yang akan membuat harga turun. Ketiadaan utilitas juga membuat PEPE rentan ditinggalkan bila pergerakan harga PEPE sudah mencapai titik jenuh dan ada koin meme pendatang anyar yang sanggup mencuri perhatian pelaku pasar kripto.