🔥 HOT TOPIC :

Solana dan Reddit akan Kembangkan Proyek Media Sosial Terdesentralisasi

Share :

Portalkripto.com– Solana Ventures dan salah satu pendiri Reddit berinisiatif menggelontorkan dana investasi untuk membiayai proyek media sosial yang terintegrasi dengan blockchain. Total dana yang akan dikeluarkan sebesar $ 100 juta.

Hal tersebut diumumkan pada konferensi Solana Breakpoint tahun ini di Lisbon, Portugal, Selasa, 9 November 2021. 

Pendiri Solana Raj Gokal mengatakan, inisiatif tersebut salah satunya didasari oleh dirinya yang sudah muak dengan media sosial tersentralisasi macam Facebook dan Twitter. Ditambah, saat ini Facebook tengah bertransformasi menjadi Meta yang mengadopsi konsep metaverse. 

“Bantu saya melakukan itu. Bangun Twitter berikutnya, bangun Facebook berikutnya, bangun Instragam berikutnya. Saya punya hadiah khusus untuk siapa pun yang membantu saya turun dan menghapus akun saya dari layanan terpusat itu,” ujar Gokal.

LIHAT JUGA: Apa yang Membuat CEO Apple Tertarik pada Cryptocurrency?

Pernyataan Gokal tersebut langsung disambut oleh pendiri Reddit Alexis Ohanian. Ohanian langsung menyatakan bahwa dirinya akan ikut berpartisipasi dalam inisiatif pengemabngan media sosial yang dicita-citakan Gokal. 

Media Sosial Terdesentralisasi

Pengumuman ini muncul dalam beberapa minggu setelah perusahaan raksasa Facebook bertransformasi menjadi Meta. Namun, permasalahan utama media sosial tersentralisasi seperti Facebook masih menyisakan masalah, seperti kebocoran data, dan lainnya. 

Banyak pihak yang merasa kecewa dengan Facebook meski perusahaan tersebut mencoba menjawab dengan transformasi menjadi Meta.

Media sosial terdesentralisasi yang terhubung dengan blockchain melalui web3 memang bukan hal yang baru. Platform seperti Voice yang dbuat oleh perusahaan blockchain block.one sudah menunjukan bagaimana mereka berjalan. 

LIHAT JUGA: Shiba Inu dan DOGE, Bagaimana Analisis Pergerakan Harganya?

Selain itu, ada lagi seperyi Mastodon, Civic, dan lainnya. Meski belum gaung, masa depan media sosial banyak yang menilai akan berbentuk web 3yang terhubung dengan blockchain dan cryptocurrency.

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM