Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan DOGE, 5 Januari 2022

Share :

Portalkripto.com — Penutupan hijau pada kandil harian pagi ini dirasakan oleh major aset kripto seperti Bitcoin, ETH, dan BNB, diikuti oleh menguatnya sebagian besar altcoin.

Dampak positif dirasakan oleh pasar kripto setelah Institute for Supply Management (ISM) menerbitkan data yang menunjukan permintaan lebih lambat dan harga input lebih rendah untuk manufaktur, meberikan sinyal positif adanya kemungkinan pengurangan kenaikan suku bunga oleh Federdal Reserve (The Fed) Amerika Serikat (AS).

Salah satu perusahaan teknologi terbesar dunia asal Korea Selatan, LG Electronics, mengumumkan bahwa mereka telah melakukan kerja sama dengan Oorbit dan Pixelynx, dalam rencana menghadirkan metaverse yang dapat dioperasikan ke TV.

Bitcoin mempertahankan konsistensi laju naiknya, setelah penutupan kandil harian pagi ini kembali ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,05%. ETH mengalami hal serupa, berhasil naik sebesar 3,49%, dan BNB berhasil curi panggung dengan mencatatkan kenaikan sebesar 5,20%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa altcoin mendapatkan perhatian pelaku pasar setelah mengalami kenaikan tinggi pagi ini, seperti ETC berhasil naik tinggi, sebesar 20,83%, dan LDO meneruskan laju naiknya setelah berhasil breakout descending triangle pattern dengan kenaikan sebesar 14,71%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 1,89%, ditutup pada level $780,531 miliar, dengan level tertinggi berada pada $787,827 miliar, dan level terendah pada $763,881 miliar.

Fear and greed index ditutup kembali pada level 29, dengan kategori fear. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sentimen pasar kripto masih stabil.

F&G Index by: alternaitve.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan DOGE berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin perlahan naik sejak 1 Januari. Sebelumnya, penutupan kandil harian 30 Desember yang membentuk hammer candlestick menjadi sinyal positif.

Kandil harian Bitcoin kembali ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,05%. Naiknya harga didukung oleh volume perdagangan yang mumpuni, berada diatas 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $16.850, level tertinggi berada pada harga $16.991, dan level terendah berada pada harga $16.652.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Laju naik Bitcoin berhasil breakout 20-day exponential moving average (EMA) di level $16.777. Target naik terdekat berada pada 50-day EMA dilevel $17.124.

Breakout terhadap 50-day EMA akan menjadi pemicu yang bagus untuk bergerak lebih tinggi. Support yang menjadi resistance pada penutupan kandil harian 18 Juni di level $17.622 menjadi target naik selanjutnya.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 7 Desember di level $16.678 masih menjadi tahanan terdekat apabila harga Bitcoin mengalami koreksi.

ETH/USDT 1D Binance

ETH kembali bergairah setelah kandil harian berhasil ditutup hijau dengan kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 3,49%.

Volume perdagangan pada market spot pairs ETH/USDT kembali ditutup cukup tinggi, berada di 20-day MA, dan relative strength index (RSI) bergerak naik, mengindikasikan menguatnya tekanan beli.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.256, level tertinggi berada pada harga $1.272, dan level terendah berada pada harga $1.212.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penutupan kandil harian ETH berhasil berada diatas 50-day EMA pada leevel $1.247. Breakout terhadap titik tersebut menjadi kunci untuk bergerak lebih tinggi.

Apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout, kemungkinan laju naik berpotensi menyentuhu kembali harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $1.350.

Support yang merupakan harga terendah penutupan kandil harian 21 September di level $1.245 masih menjadi tahanan terdekat apabila harga ETH kembali turun.

BNB/USDT 1D Binance

BNB berhasil breakot falling wedge pattern. Kandil harian BNB ditutuup hijau dengan kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 5,20%. Naiknya harga tersebut tidak didukung oleh volume perdagangan yang mumpuni. Penutupan volume perdagangan belum mampu breakout 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $259,9, level tertinggi berada pada harga $2561, dan level terendah berada pada harga $245,6.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB berhasil breakout 20-day EMA di level $252,2, yang saat ini beralih fungsi menjadi tahanan terdekat apabila kembali koreksi.

Kenaikan harga terlihat menyentuh support yang menjadi resistance pada level $258,6. Breakout titik tersebut menjadi langkah penting untuk kembali menarik sentimen positif pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Resistance yang tercipta pada penutupan kandil harian 10 September di level $298,6 menjadi target naik utama breakout BNB tersebut.

DOGE/USDT 1D Binance

DOGE berhasil bounce kembali bergerak naik setelah mengalami penurunan pada 30 Desember. Kandil harian DOGE ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 3,72%. Volume perdagangan belum mampu breakout 20-day MA.

Daily candle DOGE pagi ini ditutup pada harga $0,07311, level tertinggi berada pada harga $0,07362, dan level terendah berada pada harga $0,07019.

DOGE/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 9 November di level $0,07053 masih menjadi support solid untuk menahan penurunan harga DOGE.

Titik support tersebut berhasil menahan laju turun pada 19 Desember dan 30 Desember, dan mampu membalikan arah harga dari turun menjadi naik.

Laju naik DOGE terlihat mendekati 20-day EMA sebagai dinamis resistance di level $0,07520. Breakout terhadap titik tersebut kemungkinan akan membawa doge untuk melanjutkan laju naiknya.

Support yang menjadi resistance yang terbentuk pada penutupan kandil harian 12 Desember di level $0,08471 menjadi target naik selanjutnya.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.