Binance Dua Kali Tangguhkan Penarikan Bitcoin

Share :

Portalkripto.com — Exchange kripto Binance mengumumkan telah menangguhkan penarikan Bitcoin dari platformnya. Exchange terbesar di dunia tersebut mengklaim, penangguhan terpaksa dilakukan karena blockchain Bitcoin mengalami masalah kepadatan jaringan.

Penangguhan pertama kali diumumkan pada Minggu, 7 Mei 2023, sekitar pukul 22.00 WIB. Binance baru kembali membuka layanan penarikan Bitcoin dua jam kemudian.

Pada Senin, 8 Mei 2023, sekitar pukul 08.30 WIB, Binance kembali mengumumkan penangguhan sementara layanan penarikan Bitcoin. Hal ini terjadi karena tingginya volume transaksi yang tertunda.

“Tim kali saat ini sedang berusaha memperbaiki dan akan membuka kembali penarikan Bitcoin secepatnya,” tulis Binance di Twitter. Exchange tersebut juga memastikan semua dana pelanggan aman di dalam platform.

Biaya Transaksi Jaringan Bitcoin Membengkak

Sebelum dimasukkan ke blockchain Bitcoin, transaksi akan masuk ke mempool jaringan. Transaksi-transaksi itu akan ‘menunggu’ untuk dipilih oleh penambang untuk diverifikasi dan dimasukkan ke dalam blok Bitcoin selanjutnya.

Menurut data mempool.space, per 8 Mei 2023 pagi, transaksi yang belum diproses di mempool Bitcoin mencapai lebih dari 484.000 transaksi. Tingginya angka tersebut membuat biaya transaksi membengkak.

Transaksi yang ‘mengantre’ di mempool Bitcoin. (sumber: mempool.space)

Menurut data dari YCharts, biaya transaksi Bitcoin pada 6 Mei 2023 mencapai level tertinggi dalam hampir dua tahun terakhir, yakni rata-rata $8,8 per transaksi. Angka ini sempat menyentuh $9,6 pada 5 Mei atau sehari sebelumnya.

Biaya transaksi Bitcoin dalam sebulan terakhir. (sumber: YCharts)

Data tersebut menunjukkan biaya transaksi Bitcoin sudah naik hingga 500% jika dibandingkan dengan enam bulan lalu. Saat itu, transaction fee Bitcoin masih berada di kisaran $1,45.

Kepadatan jaringan dan kenaikan biaya transaksi diduga dipicu oleh tingginya jumlah inskripsi dalam protokol Ordinals. Per 8 Mei 2023, jumlah total inskripsi Ordinals sudah menyentuh angka 4,3 juta.

Beberapa pihak menduga jaringan Bitcoin mengalami lonjakan transaksi inskripsi untuk token standar BRC-20, imbas dari hype koin meme Pepecoin (PEPE). Saat ini 14.000 token BRC-20 yang telah diinskripsi, telah mencapai kapitalisasi pasar $482 juta.

Outflow Bitcoin dari Binance Melonjak

Menurut data CryptoQuant, inflow atau arus keluar Bitcoin dari Binance melonjak pada 7 Mei 2023. Dalam 24 jam, jumlah nilai Bitcoin yang keluar mencapai $187 juta atau sekitar Rp2,7 triliun.

Outflow Bitcoin di Binance. (sumber: CryptoQuant)

Harga Bitcoin juga terpantau turun. Sejak Binance mengumumkan penangguhan penarikan Bitcoin, BTC sudah anjlok 2%. Data CoinMarketCap menunjukkan, BTC kini diperdagangkan di harga $28.200.

Pergerakan harga BTC dalam 24 jam terakhir. (sumber: CoinMarketCap)