Total Kapitalisasi Pasar Kripto Kembali $1 Triliun Jelang FOMC Meeting

Share :

Portalkripto.com — Total kapitalisasi pasar kripto akhirnya kembali menyentuh titik resisten di $1 triliun sejak 26 Oktober 2022. Selama 41 hari sebelumnya, kapitalisasi pasar kripto terus berada di bawah titik itu.

Kapitalisasi Kapitalisasi pasar kripto dalam sepekan terakhir (sumber: CoinMarketCap)

Cointelegraph melaporkan, pada 26 Oktober itu, 55.000 BTC dikeluarkan dari exchange kripto Binance, mencetak rekor penarikan harian BTC terbesar. Biasanya, outflow tinggi dari exchange menunjukkan sinyal bullish karena mengurangi potensi aksi jual.

Peningkatan kapitalisasi pasar kripto juga dipicu oleh Bitcoin (BTC) yang mengalami kenaikan 5,5% dalam sepekan dan menyentuh titik psikologis $20.000. Agregat dari sekitar 20.000 altcoin ikut meningkat hingga 8,5% dalam periode 24-30 Oktober 2022.

Tercatat ada tujuh altcoin besar yang mengalami kenaikan mingguan lebih dari 20%. Di posisi teratas ada Dogecoin (DOGE) yang melesat hingga 100% setelah sang ‘Dogefather’ Elon Musk resmi mengakuisisi Twitter.

Token MINA dari Mina Protocol naik 28% dalam sepekan setelah melakukan update ekosistem pada 27 Oktober. Altcoin lainnya di antaranya Optimism (OP), Shiba Inu (SHIB), Klaytn (KLAY), Cosmos (ATOM), Avalanche (AVAX), dan The Sandbox (SAND).

Sentimen Positif Jelang FOMC Meeting

Pasar kripto dalam sepekan terakhir ini juga merespons positif pernyataan Presiden The Federal Reserve San Francisco Mary Daly yang menyebut ada kemungkinan kenaikan suku bunga di AS diperlambat.

Keputusan mengenai tingkat suku bunga terbaru akan diambil oleh The Fed dalam Federal Open Market Committee (FOMC) meeting yang akan digelar pada 1-2 November 2022 waktu AS.

Jika The Fed tetap pada sentimen hawkish, kenaikan suku bunga hingga 75 basis poin bukan tidak mungkin akan terjadi lagi. Keputusan tersebut akan membawa suku bunga acuan bank sentral ke level 3,75%-4%.

Portalkripto menemukan pola bull trap menjelang FOMC meeting, yang dipantau dalam lima FOMC meeting terakhir. Pola itu menunjukkan pasar akan menghijau beberapa hari sebelum meeting dan akhirnya anjlok saat merespons kenaikan suku bunga.

Bukan tidak mungkin momentum bullish kali ini juga menjadi bull trap bagi trader dan kapitalisasi pasar kripto kembali jatuh di bawah $1 triliun. Namun, kondisi sebaliknya bisa terjadi jika The Fed memiliki sentimen dovish seperti yang digaungkan oleh Mary Daly.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.