Analisa Market: Harga LDO Anjlok Dalam Dua Hari, Ini Alasannya

Share :

Portalkripto.com — Lido DAO (LDO) mengalami penurunan harga dalam dua hari beruntun, setelah mampu bounce bergerak naik pada penurunan harga di 22 Desember.

Awal November menjadi mimpi buruk bagi pemegang aset kripto LDO. Pergerakan harga LDO turun tajam (dump) sebesar 52,72% pada periode 4-9 November.

Penurunan harga pada 22 Desember kembali retest support yang merupakan harga terendah penutupan kandil harian 9 November di level $0,872.

Titik support tersebut berhasil membalikan tren dari turun menjadi naik. Harga LDO kembali bounce setelah berhasil naik konsisten pada periode 23-26 Desember.

Upaya breakout terhadap downtrend line yang merupakan resistance dari jalur bearish LDO harus pupus setelah kandil harian 27 Desember ditutup merah dibawah garis tersebut.

Penutupan kandil harian 27 Desember menjadi sinyal negatif bagi pergerakan harga LDO karena membentuk shooting star yang merupakan bearish candlestick.

LDO kembali melanjutkan tren negatifnya, setelah penutupan kandil harian pagi ini kembali ditutup merah dengan penurunan sebesar 5,73%.

Kandil harian LDO pagi ini ditutup pada level $0,954, dengan level tertinggi berada pada harga $1,020, dan level terendah berada pada harga $0,934.

LDO/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga LDO berpotensi kembali menyentuh harga terendah pada penutupan kandil harian 9 November di level $0,872 sebagai tahanan terdekat.

Titik support tersebut merupakan tahan penting dan solid bagi pergerakan harga LDO. Apabila penurunan harga LDO menyentuh titik tersebut maka ada potensi membentuk triple bottom yang merupakan bullish pattern.

Tetapi apabila penurunan harga LDO berhasil breakdown titik tersebut, maka penurunan harga akan berlanjut dengan target penurunan berada pada level $0,583 yang tecipta pada penutupan kandil harian 12 Juli, sebagai tahanan selanjutnya.

Breakout terhadap downtrend line menjadi kunci utama untuk mendapatkan sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kembali pergerakan harga LDO. Resistance pada level $1,271 menjadi target naik LDO apabila berhasil breakout.

Fundamental LDO

LIDO adalah DAO (Decentralized Autonomous Organization) yang menyediakan layanan liquid staking untuk Ethereum 2.0, yang memungkinkan pengguna memperoleh hadiah staking tanpa mempertahankan infrastruktur staking.

DAO adalah organisasi yang tidak memiliki kepemimpinan terpusat, dimana anggotanya memiliki tujuan bersama untuk bertindak demi kepentingan entitas. DAO tidak memiliki hierarki dalam strukturnya, semuanya diatus oleh komunitas teroganisir dalam kerangka aturan tertentu yang sudah diatur di dalam smart contract.

Lido DAO memiliki anggota seperti Semantic VC, ParaFi Capital, Libertus Capita, Terra, Bitscale Capital, StakeFish, StakingFacilities, Chorus, P2P Capital, dan K1. Lido bergabung dengan sejumlah investor utama seperti Stani Kulechov dari Aave, Banteg of Yearn, Will Harborne dari Deversifi, Julien Bouteloup dari Stake Capital dan Kain Warwick dari Synthetix.

Berdasarkan data Coinmarketcap, LDO berada di peringkat ke-83, dengan kapitalisasi sebesar $300.000.144, dan memiliki 0,04% dominasi terhadap pasar kripto.

Harga tertinggi sepanjang masa (ATH) tercipta pada 16 November di level $11, dan harga terendah sepanjang masa (ATL) tercipta pada 18 Juni 2022 di level $0,406.

Penjualan LDO oleh Alameda

Penurunan harga LDO dalam dua hari terakhir ini berkaitan dengan adanya likuidasi yang dilakukan oleh Alameda Research.

Akun Twitter @lookonchain sebagai pengamat blockchain anonim, membagikan data adanya penjualan terhadap 719.498 LDO senilai $717.451 yang ditukarkan dengan ETH sebanyak 601 ETH, dengan rata-rata penjualan berada pada harga $0,9972.

Analisa on-chain mendapatkan bahwa transaksi tersebut dilakukan oleh wallet Alameda Research. Meskipun sudah melakukan penjualan dengan jumlah yang cukup besar, Alameda masih memiliki LDO senilai $1,86 juta.

Hal tersebut menjadi ketakutan tersendiri bagi pemegang LDO, karena khawatir akan adanya aksi jual masif gelombang selanjtunya yang dilakukan oleh Alameda.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.