Analisa Market: Token DeFi Curi Panggung, CRV dan CVX Pumping !

Share :

Portalkripto.comDecentralized Finance (DeFi) merupakan teknologi keuangan berbasis blockchain untuk melakukan pencatatan dan menghapus pihak ketiga serta lembaga keuangan terpusat pada transaksinya.

Salah satu keunggulan DeFi adalah menghilangkan biaya yang dikenakan oleh bank dan perusahaan lainnya untuk menggunakan layanan mereka. Pengguna dapat menyimpan uang dalam dompet digital yang mana dapat melakukan transfer dana dalam hitungan menit, dan hanya butuh koneksi internet untuk menggunakan DeFi.

Beberapa aset kripto berperan sebagai token native dari perusahaan yang memiliki fungsi sebagai penyedia DeFi, seperti Curve DAO Token (CRV) dan Convex Finance (CVX).

Curve adalah pertukaran desentralisasi (DEX) untuk stablecoin yang menggunakan automated market maker (AMM) untuk mengelola likuiditas. Pada bulan Agustus, Curve meluncurkan organisasi otonom terdesentralisasi (DAO), dengan CRV ssebagai token native-nya.

Curve telah banyak berkembang sejak diluncurkan pada Januari 2020. peluncuran DAO dan CRV membawa profitabilitas lebih lanjut, mengingat penggunaan CRV untuk tata kelola, karena diberikan kepada pengguna berdasarkan komitmen likuiditas dan lama kepemilikan.

Convex Finance adalah protokol DeFi yang memungkinkan penyedia likuiditas Curve mendapatkan bagian dari biaya perdagangan di Curve tanpa melakukan staking liquidity disana. Sebagai gantinya, liquidity provider (LP) dapat di staking menggunakan CVX dan menerima CRV yang ditingkatkan serta hadiah penambangan likuiditas.

Pada penutupan kandil harian pagi ini, CRV dan CVX menarik perhatian pelaku pasar kripto karena berhasil naik tinggi (pump). Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari CRV dan CVX berdasarkan candle chart (1D).

Analisa Pergerakan Harga CRV

CRV berhasil pullback setelah turun dan menciptakan major support baru. Kandil harian CRV akhirnya ditutup hijau, dengan kenaikan yang tinggi, sebesar 26,10%.

Naiknya harga tersebut didukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA), dan relative strength index (RSI) bergerak naik, mengindikasikan adanya tekanan beli yang tinggi.

Daily candle CRV pagi ini ditutup pada level $0,663, dengan level tertinggi berada pada harga $0,740, dan level terendah berada pada harga $0,401.

CRV/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Harga terendah penutupan kandil harian 22 November di level $0,401 merupakan major support baru CRV pada tahun 2022.

Penutupan kandil harian CRV terlihat mendekati dinamis resistance pada 20-day exponential moving average (EMA) di level $0,660.

Breakout terhadap 20-day EMA memperlebar peluang untuk lanjut naik dan membentuk lower high (LH) baru pada descending triangle pattern.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 4 November di level $1,070 menjadi target pullback CRV apabila berhasil breakout descending triangle pattern.

Titik support terdekat saat ini berada pada harga terendah pada penutupan kandil harian 18 Juni di level $0,535.

Apabila aksi beli tinggi dan volume perdagangan yang mumpuni masih berlanjut, bukan tidak mungkin bahwa laju naik akan menyentuh kembali resistance yang terbentuk pada 28 Juli di level $1,588 yang merupakan target utama laju pullback CRV.

Analisa Pergerakan Harga CVX

CVX kembali bergairah setelah penutupan kandil harian pagi ini membentuk bullish engulfing candlestick. Kandil harian CVX ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 10,19%. Penutupan volume berada pada garis 20-day MA, dan RSI perlahan bergerak naik menandakan adanya aksi beli yang mulai mendominasi.

Daily candle CVX pagi ini ditutup pada level $3,959, dengan level tertinggi berada pada harga $4,248, dan level terendah berada pada harga $3,484.

CVX/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Pergerakan harga CVX kembali bounce setelah kandil harian 21 November ditutup dibawah support terdekat saat ini di level $3,600.

Naiknya harga CVX pada penutupan kandil harian 22 November memberikan poten adanya pola double bottom, yang tercipta pada tanggal 9 November sebagai bottom pertama, dan 21 November sebagai bottom kedua.

20-Day EMA di level $4,225 merupakan resistance yang harus ditembus untuk bergerak lebih tinggi dan konfirmasi breakout terhadap neckline double bottom pattern.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 4 November di level $5,590 menjadi target naik selanjutnya, sekaligus menjadi langkah untuk breakout terhadap falling wedge patter, yang menjadi misi utama laju pullback CVX.

Apabila pergerakan harga CVX berhasil breakout falling wedge pattern, maka target naik selanjutnya berada pada level $6,500, dan resistance pada level $8,690 menjadi target naik utama.

Harga terendah pada penutupan kandil 18 Juni di level $3,110 menjadi benteng pertahanan terakhir apabila pergerakan harga CVX kembali koreksi dan breakdown tahanan terdekatnya.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.