Analisa Market: Volatilitas Harga Helium (HNT) Uji Nyali Risk Taker

Share :

Portalkripto.com — Helium (HNT) berhasil mencuri perhatian pelaku pasar kripto setelah berhasil naik tinggi pada penutupan kandil harian 21 Desember.

HNT menjadi salah satu aset kripto yang cukup terdampak pada winter season kali ini. Harga HNT mengalami penurunan tajam sebesar 74,45% pada periode 10 Juni hingga 6 September. Meskipun berhasil rebound, tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama dan harga HNT kembali koreksi.

Pergerakan harga HNT kembali melanjutkan laju bearish-nya, setelah laju naik mencapai titik tertingginya pada 5 Oktober. HNT harus kembali mengalami penurunan yang dalam, turun sebesar 72,53%, pada periode 5 Oktober hingga menemukan lantai penurunan pada 20 Desember.

Penutupan kandil harian 21 Desember mencatatkan kenaikan sebesar 31,06%, ditutup pada level $2,11, dengan level tertinggi berada pada harga $2,48, dan level terendah berada pada harga $1,59$.

Momen tersebut menjadi angin segar bagi pemegang aset HNT dan berhasil mendapatkan sentimen positif pelaku pasar kripto.

Harapan akan adanya kenaikan lebih lanjut menjadi sedikit abu-abu setelah kandil harian 22 Desember ditutup merah dengan penurunan yang cukup signifikan, turun sebesar 12,80%.

Kandil harian HNT pagi ini ditutup pada level 1,84%, dengan level tertinggi berada pada harga $2,39, dan level terendah berada pada harga $1,82.

HNT/BUSD daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Dinamis resistance pada 20-day exponential moving average (EMA) di level $1,98 kembali menjadi tahanan terdekat untuk bergerak lebih tinggi.

Apabila pergerakan harga HNT berhasil breakout titik tersebut, maka harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $3,11 menjadi target naik selanjutnya.

Breakout falling wedge pattern menjadi kunci utama untuk mendorong kenaikan harga HNT. Resistance yang terbentuk pada 5 November di level $4,51 merupakan target naik selanjutnya, tentu saja jika harga HNT berhasil breakout pattern tersebut.

Aksi beli yang tinggi menjadi faktor penting sebagai pemicu kenaikan harga lebih lanjut. Apabila sentimen positif masih terasa dan didukung oleh aksi beli yang tinggi, bukan tidak mungkin jika harga HNT kembali naik menyentuh level $5,80.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 20 Desember di level $1,57 merupakan major support sebagai tahanan solid apabila harga HNT kembali koreksi.

Fundamental HNT

Helium merupakan jaringan blockchain terdesentralisasi untuk perangkat Internet of Things (IoT). Diluncurkan pada Juli 2019, mainnet Helium memungkinkan perangkat nirkabel berdaya rendah untuk berkomunikasi satu sama lain dengan mengirim data melalui jaringan node-nya.

Node tersebut disebut Hotspot, yang merupakan kombinasi dari gateway nirkabel dan perangkat penambangan blockchain. Pengguna yang mengoperasikan node mendapatkan hadiah (reward) dalam bentuk token asli Helium yaitu HNT.

Helium didirikan oleh tiga orang yang memiliki latar belakang teknologi yaitu Amir Haleem, Shawn Fanning, dan Sean Carey. Amir dikenal sebagai pengembang game yang aktif dan tergabung dalam eSports, sedangkan Shawn merupakan salah satu pengembang Napster layanyan berbagi musik yang terkenal pada era 1990-an, dan Sean yang sebelumnya merupakan pengembang dari Where yang diakusisi oleh PayPal.

Berdasarkan data Coinmarketcap, HNT menempati urutan ke-99 dengan kapitalisasi sebesar $255.168.909. Harga tertinggi sepanjang masa (ATH) HNT tercipta pada 12 November 2021 di level $55,22, dan harga terendah sepanjang masa (ATL) tercipta pada 10 Juni 2020 di level $0,2534.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.