Analisa Pergerakan Harga CRO Jelang Galileo Upgrade

Share :

Portalkripto.com — Cronos (CRO) merupakan salah satu token native dari bursa sentral (CEX) terbesar saat ini, yaitu Crypto.com.

Musim dingin 2022 merupakan momen terberat CRO. Pergerakan harga CRO mengalami penurunan yang dalam, sebesar 90,41% pada penutupan kandil tahunan.

Selain itu, runtuhnya mantan bursa nomor dua dunia, FTX, sangat berdampak bagi bursa sentral lainnya, termasuk Crypto.com.

Crypto.com mengundang sentimen negatif komunitas kripto karena dinilai akan mengalami hal yang sama dengan FTX. Kejadian tersebut terjadi pada saat FTX salah mengirimkan ETH dalam jumlah masif, sebanyak 320.000 ETH.

CRO sebagai token nativenya terkena dampak akibat sentimen negatif tersebut. Pada market crush yang terjadi di bulan November, harga CRO turun sebesar 57,56% dalam waktu tujuh hari, dari tanggal 8-14 November.

Pergerakan harga CRO kembali bergairah setelah berhasil breakout 20-day exponential moving average (EMA) pada 5 Januari. Laju naik tersebut kembali berlanjut, setelah pergerakan harga CRO breakout 50-day EMA.

Sentimen positif kembali didapat ketika kandil harian 16 Januari berhasil ditutup dengan kenaikan yang tinggi, sebesar 8,61%.

Kandil harian CRO pagi ini ditutup merah, turun sebesar 2,48%, ditutup pada level $0,0787, dengan level tertinggi berada pada harga $0,0822, dan level terendah berada pada harga $0,0776.

CRO/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Meskipun ditutup merah, pergerakan harga CRO masih berada diatas resistance yang saat ini menjadi support terdekat di level $0,0761.

Breakout downtrend line merupakan target utama kenaikan harga CRO. Sentimen positif kemungkinan akan kembali berhembus apabila pergerakan harga CRO berhasil breakout titik tersebut.

Target naik CRO selanjutnya berada pada harga tertinggi penutupan kandil harian 10 November di level $0,0985.

Pergerakan harga CRO terlihat sedang membentuk Cup pada Cup & Handle pattern, apabila kenaikan harga CRO berhasil menyentuh titik tersebut.

Dinamis support pada 50-day EMA di level $0,0677 menjadi tahanan selanjutnya apabila pergerakan harga CRO berhasil breakdown titik support terdekatnya.

Volume Perdagangan Naik

Naiknya harga CRO tersebut dibarengi dengan volume perdagangan mumpuni. Terjadi lonjakan tinggi pada volume perdagangan 16 Januari, yang tercatat sebesar $99.343.992, naik hampir empat kali lipat dari penutupan volume perdagangan 15 Januari, yang hanya sebesar $25.133.100.

Kenaikan volume perdagangan sebelumnya terjadi pada 14 Januari, sebesar $55.094.817.

Historical Data CRO by: Coinmarketcap.

Cronos V1.0 “Galileo”

Cronos memiliki agenda penting pada 18 Januari, yaitu peningkatan jaringan mainnet ke V1.0 “Galileo”. Berikut adalah poin-poin penting dalam upgrade tersebut :

– Prioritas Mempool untuk menskalakan TPS lebih jauh
– Penyimpanan node yang dioptimalkan (penyimpanan 30% lebih sedikit untuk node penuh)
– Peningkatan kinerja node, dan pengurangan waktu start-up node sebesar 50%
– Fungsionalitas Cosmos baru untuk membuka jalan bagi interoperabilitas EVM/Cosmos yang lebih besar

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.