Analisis Harga BTC dan ETH Sepekan: Fase Akumulasi?

Share :

Portalkripto.com — Pasar ekuitas Amerika Serikat (AS) terpantau berangsur pulih dari posisi terendah mingguannya pekan lalu. Sejalan dengan itu, nilai Bitcoin (BTC) juga pulih dari $18.910 pekan lalu yang menunjukkan trader mungkin kembali memilih aset berisiko ini.

Fase bear market kali ini telah merusak sentimen seperti yang terlihat di Crypto Fear and Greed Index, yang masih berada di zona “extreme fear” sejak 6 Mei. Menurut Philip Swift, pencipta platform analitik on-chain LookIntoBitcoin, waktu yang dihabiskan dalam zona “extreme fear” ini lebih panjang daripada selama bear market Bitcoin 2018.

Berikut analisis pergerakan harga BTC dan ETH, serta total market cap dan heat map selama sepekan ini, berdasarkan weekly candle chart dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzi.

BTC/USDT 1W Binance

Weekly candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $20,798, level tertinggi berada pada harga $21,684 dan level terendah berada pada harga $18,910.

Pergerakan harga Bitcoin terlihat sideways pasca penurunan yang cukup tajam pada Juni lalu. Dalam dua minggu terakhir ini, volume Bitcoin ditutup di atas MA 20 yang terbilang cukup tinggi, meskipun relative strenght index (RSI) masih berada pada area oversold.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa pergerakan harga Bitcoin sedang barada pada tahap akumulasi.

Saat laporan ini ditulis, harga Bitcoin berada pada harga $20,957 dan mencoba untuk breakout dari falling wedge pattern-nya. Apabila harga Bitcoin berhasil breakout, maka target kenaikan Bitcoin berada pada harga $29,334.

Support solid Bitcoin masih berada pada harga $17,644, titik tersebut menjadi penahan yang kuat apabila harga Bitcoin mengalami rejection.

ETH/USDT 1W Binance

Weekly candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1,338, level tertinggi berada pada harga $1,422 dan level terendah berada pada harga $1,006.

Pergerakan ETH terlihat mencoba breakout dari falling wedge pattern, hal tersebut didukung oleh penutupan volume yang tinggi.

Resistance pada EMA 20 dan fibonacci retracement ratio 0.382 pada harga $1,895 menjadi target kenaikan ETH berikutnya apabila harga ETH berhasil breakout. Sementara itu, solid support ETH masih berada pada harga $882.

Pekan kemarin harga ETH mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan di 16 Juli terjadi pumping hingga 18%. Berita tentang “The Merge” menjadi salah satu fundamental kenaikan ETH.

Total Market Cap dan Heat Map

Weekyly candle total market cap ditutup pada level $930.953B, level tertinggi berada pada $964.726 milyar, dan level terendah berada pada $824.069 milyar.

Walaupun masih berada pada demand area, penutupan total market cap pagi ini menunjukan kenaikan karena ditutup lebih tinggi dibandingkan dengan minggu kemarin.

Dominasi Bitcoin berada pada level 41.62% dan mengalami penurunan sebesar 1.72% dalam 24 jam terakhir, sedangkan dominasi ETH berada pada level 17.15% dan mengalami penurunan sebesar 0.81% dalam 24 jam terakhir.

Meski ETH dan BTC mengalami penurunan dalam 24 jam terakhir, beberapa altcoin terlihat ditutup hijau seperti BNB dan ETC.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.