Analisis Pergerakan Harga BTC, BNB, DOT, dan MATIC, 16 September 2022.

Share :

Portalkripto.com — Bitcoin (BTC) terjun ke $19.000 beberapa jam setelah blockchain Ethereum berhasil bertransisi ke konsensus proof-of-stake (PoS) atau The Merge pada Kamis, 15 September 2022. Menurut CoinMarketCap, saat ini BTC diperdagangkan di level $19.723 atau turun 2% dalam 24 jam.

Pada 13 September, Bitcoin gagal mempertahankan lajunya setelah tingkat inflasi Amerika Serikat (AS) diumumkan. Saat itu, Bitcoin terjun bebas dari level $22.000 ke $20.000 dalam waktu singkat.

Setelah sempat menyentuh $1 triliun pada Kamis kemarin, total kapitalisasi pasar kripto saat ini kembali melorot ke $959 miliar.

Lalu bagaimana pergerakan harga selanjutnya? Berikut analisis BTC, BNB, DOT, dan MATIC berdasarkan candle chart (1D) dari analis Portalkripto, Arli Fauzi.

BTC/USDT 1D Binance

Kandil harian Bitcoin ditutup merah setelah penutupan kandil kemarin membentuk doji candlestick. Aksi jual masih mendominasi, terlihat dari volume yang ditutup tinggi di atas day-20 moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $19.699, level tertinggi berada pada harga $20.330 dan level terendah berada pada harga $19.497.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Pergerakan harga Bitcoin masih dalam kondisi down trend sejak bergerak di bawah day-20 exponential moving average (EMA). Day-20 EMA pada level $20.549 menjadi dinamis resistance dan target naik Bitcoin apabila pergerakan harga kembali pullback.

Setelah breakdown support di level $20.701 pada 13 September, laju penurunan Bitcoin perlahan bergerak menuju support selanjutnya pada level $19.005.

BNB/USDT 1D Binance

Kandil harian BNB ditutup merah dengan penurunan sebesar 2,94%. Penutupan kandil harian tersebut berada di bawah support pentingnya dan retest descending line.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $271, level tertinggi berada pada harga $280 dan level terendah berada pada harga $266.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Harga BNB kembali turun dan menyentuh support pada level $274, titik tersebut menjadi tahanan yang penting untuk pergerakan harga BNB. Karena jika support tersebut berhasil di-breakdown, kemungkinan BNB akan turun lebih dalam dengan target pada level $239.

Kandil selanjutnya akan menjadi penentukan apakah harga BNB valid breakdown atau kembali naik setelah menyentuh support tersebut.

Day-20 EMA pada level $283 menjadi target bounce terdekat jika harga BNB menunjukan perlawanan terhadap penurunannya dan kembali bergerak naik. Harga psikologis pada level $300 menjadi target naik selanjutnya, jika aksi beli tinggi dan mendukung pullback dari BNB.

DOT/USDT 1D Binance

Pergerakan harga DOT kembali turun setelah sideways selama empat hari pada 9-12 September di area resistance yang kemudian mengalami rejection atau penolakan. Kandil harian DOT ditutup merah dengan penurunan sebesar 3,88%.

Daily candle DOT pagi ini ditutup pada harga $6,93, level tertinggi berada pada harga $7,24 dan level terendah berada pada harga $6,87.

DOT/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Saat ini penurun harga DOT bergerak menuju support pada level $6,80. Ketika menyentuh titik support tersebut, ada kemungkinan untuk bounce dan kembali naik dengan target terdekat berada pada day-20 EMA sebagai dinamis resistance di level $7,34.

Area resistance pada level $7,74-$8,05 menjadi target utama jika laju pullback DOT cukup kuat dan didukung dengan aksi beli yang tinggi.

Tahanan tersebut menjadi titik penting untuk menjaga harga DOT untuk tidak turun lebih dalam, karena apabila support tersebut berhasil ditembus, kemungkinan harga DOT akan bergerak ke major support pada level $6,36.

MATIC/USDT 1D Binance

Kandil harian MATIC kembali ditutup merah setelah turun sebesar 4,56%. Penutupan volume masih berada pada day-20 MA dan relative strength index (RSI) terlihat mulai bergerak turun yang mengindikasikan aksi jual masih tinggi.

Daily candle MATIC pagi ini ditutup pada harga $0,8251, level tertinggi berada pada harga $0,8761 dan level terendah berada pada harga $0,8175.

MATIC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Laju Bullish MATIC tertahan area resistance pada level $0,8835-$0,9191 yang mengubah pergerakan harga menjadi turun. Kandil harian 14 September ditutup hijau menunjukkan ada perlawan terhadap laju turunnya. Akan tetapi usaha tersebut masih tertahan day-20 EMA sebagai dinamis resistance.

Pergerakan harga MATIC perlahan turun menuju support pada level $0,7634 sebagai tahanan solid yang berhasil menahan laju penurunan pada 19 dan 26 Agustus.

Penurunan harga lebih dalam bisa saja terjadi apabila pergerakan harga MATIC berhasil breakdown dari support tersebut. Kemungkinan harga MATIC bisa turun hingga 15% dengan target di level $0,6310.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.