Analisis Pergerakan Harga BTC dan ETH, 8 Juli 2022

Share :

Portalkripto.com — Pasar kripto naik bersamaan dengan pasar tradisional dalam overnight trading semalam di Asia karena investor menanggapi panduan terbaru dari The Fed yang menyatakan kekhawatiran resesi berlebihan.

Baik Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 Index menutup perdagangan kemarin naik lebih dari 1% dan Nasdaq Composite Index ditutup 2,3% lebih tinggi, mengakhiri kenaikan empat hari berturut-turut – rekor terpanjang sejak Maret.

Berikut adalah analisis teknikal harga Bitcoin dan Etherum hari ini berdasarkan daily candle chart (1 day) dari analis Portalkripto.com, Arly Fauzi.

BTC/USDT 1D Binance

Setelah hampir 4 pekan berada pada zona symmetrical triangle, pada perdagangan hari ini, Jumat, 8 Juli 2022,  akhirnya peregrakan Bitcoin berhasil breakout. Penutupan daily candle pagi ini berada pada harga $21,624, di mana pada titik harga tersebut merupakan resistance pada tanggal 26 Juni 2022 dan dynamic resistance dari EMA20.

Penutupan volume perdagangan Bitcoin masih berada pada MA20, dan RSI masih berada di area netral yaitu pada level 49.79.

Apabila pergerakan harga Bitcoin dapat breakout dari resistance pada harga $21,753 , maka target kenaikan selanjutnya berada pada harga $22,948 yang merupakan resistance pada tanggal 16 Juni 2022 dan fibonacci retracement ratio 0.382.

Tetapi sebaliknya, apabila pergerakan harga Bitcoin mengalami rejection/penolakan, maka harga Bitcoin bisa koreksi dan retest ke upper line dari symmetrical triangle pada harga $20,725 atau bahkan hingga ke area support yang berada pada harga $18,699-$19,300.

BTC/USDT 1 Day. Binance. By: Arli Fauzi

ETH/USDT 1D Binance

Penutupan daily candle ETH pagi ini berada pada harga $1,237, menyentuh resistance pada tanggal 26 Juni 2022 dan fibonacci retracement ratio 0.382. Hal ini menjadi moment yang cukup menentukan untuk pergerakan ETH kedepannya.

Jika harga ETH berhasil breakout dari ascending triangle-nya, maka target kenaikan ETH berada pada area harga $1,381-$1,503 yang merupakan resistance area dari fibonacci retracement ratio 0.5-0.618 dan EMA50.

Apabila harga ETH mengalami rejection/penolakan, maka harga ETH dapat terkoreksi hingga ke level $993. Penutupan volume perdagangan ETH masih terbilang rendah yaitu dibawah MA20 dan RSI berada di area netral yaitu pada level 49.59.

BTC/USDT 1 Day. Binance. By: Arli Fauzi

Kekhawatiran Inflasi Mereda

Mengutip korelasi Bitcoin dengan NASDAQ yang naik 5% dalam lima hari terakhir, Analis Blockware, Joe Burnett, menjelaskan aksi jual baru-baru ini dari perusahaan bangkrut seperti Three Arrows Capital menciptakan local bottom.

“Penjualan paksa ini pasti berkontribusi untuk menciptakan setidaknya titik terendah lokal sehingga harga bisa naik,” jelas Burnett.

Analisa lainnya disampaikan Bitcoin influencer, Dan Held.

Dia mengatakan FTX dinilai berhasil mencegah efek domino dari pailitnya sejumlah perusahaan kripto dengan meminjamkan dananya jika perusahaan tersebut membutuhkan.

Diberitakan sebelumnya, miliarder kirpto dan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, mengatakan bahwa perusahaannya masih memiliki miliaran dolar untuk membantu mendukung perusahaan crypto yang mengalami masalah. Held juga menyebutkan pergerakan kripto yang “menghijau” dipengaruhi oleh meredanya kekhawatiran akan inflasi yang lebih buruk.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.