Analisis Pergerakan Harga BTC dan ETH, 9 Juli 2022

Share :

Portalkripto.com — Peregerakan Bitcoin (BTC) pada 8 Juli 2022 terpantau sideways di zona supply area $ 21 ribu. BTC bahkan sempat naik di atas $22.000 kemarin meski indeks dolar AS (DXY) terus meninggi, yang menunjukkan korelasi terbalik antara Bitcoin dan DXY mungkin sudah semakin melemah.

Prediksi perubahan arah trend pun terlihat oleh senior Bloomberg Mike McGlone yang memprediksi Bitcoin akan rebound para paruh kedua tahun 2022. Ia menganalisis pergerakan harga BTC selama 50 minggu dan 100 minggu dalam Bloomberg Galaxy Crypto Index (BGCI).

“Dengan Bloomberg Galaxy Crypto Index mendekati garis bawah tahun 2018 dan rata-rata pergerakan Bitcoin di 50 dan 100 minggu juga serupa dengan tahun ini, risiko vs rewards miring ke arah investor yang resposif di 2H (paruh kedua),” tulisnya di Twitter.

Untuk analisis pergerakan BTC dan ETH akhir pekan ini, analis Portalkripto.com Arli Fauzi memprediksi pekan depan Bitcoin akan kembali memasuki zona hijau. Ia mengatakan, closed candle weekly menunjukkan bullish engulfing.

“Memasuki weekend walau harga Bitcoin ditutup di bawah closed candle daily kemarin, tapi volumenya pumping,” ujar Arli.

Berikut analisis teknikal harga Bitcoin dan Etherum akhir ini berdasarkan daily candle chart (1 day) dari Arli Fauzi.

BTC/USDT 1D Binance

Penutupan daily candle Bitcoin pagi ini berada pada harga $21,594, dengan level tertinggi berada pada harga $22,527 , dan level terendah berada pada harga $21,189. Meskipun lebih rendah dari penutupan daily candle sebelumnya yaitu pada harga $21,624, pergerakan harga Bitcoin mampu mempertahankan stabilitas harga setelah mengalami breakout.

Pada penutupan harian kali ini ada sesuatu yang menarik, yaitu volume perdagangan pada Bitcoin. Volume perdagangan Bitcoin pada market Binance mengalami pumping jauh di atas MA20. Penutupan volume perdagangan Bitcoin ditutup pada level $403.082K.

Hal tersebut dapat menjadi sinyal positif bagi pergerakan harga Bitcoin. Meski begitu, secara keselurahan pergerakan harga Bitcoin masih dalam trend bearish.  Salah satu indikatornya, penutupan daily candle pagi ini membentuk doji, yang berarti adanya penurunan kekuatan dalam suatu trend.

Namun, trend Bitcoin dari 3 Juli hingga penutupan daily candle hari ini terapresiasi karena mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 20.19%.

Pergerakan harga Bitcoin masih berada pada area resistance-nya dan bisa saja terjadi rejection/penolakan. Resistance terdekat saat ini berada pada $22,948 dan support terdekat masih berada pada harga $20,099.

Memasuki weekend selalu ada kejutan untuk pergerakan harga, meskipun volume cenderung rendah dan pergerakan harga cenderung sideways saat weekend karena kebanyakan institusional libur, tetapi hal tersebut mendorong retail untuk lebih ikut andil dalam pergerakan market.

ETH/USDT 1D Binance

Pergerakan harga ETH masih terbilang lambat, hal tersebut dibuktikan dengan belum mampunya ETH untuk breakout dari resistance-nya.

Penutupan daily candle ETH berada pada harga $1,214 , yang tentu saja lebih rendah dari penutupan harga sebelumnya yaitu pada harga $1,237. Level terendah berada pada harga $1,193 dan level tertinggi berada pada harga $1,276.

Penutupan volume ETH masih berada dibawah MA20 yaitu sebesar $1.19M dan RSI masih berada pada area netral yaitu pada level 46.76. Resistance terdekat berada pada harga $1,381 dan support terdekat berada pada harga $1,045.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.