Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan DOT, 25 November 2022

Share :

Portalkripto.com — Penutupan kandil harian terlihat “berwarna” sebagai imbas dari pergerakan sideways pada sebagian besar aset kripto.

The Federal Reserve (The FED) resmi merilis The Fed minutes atau laporan hasil Federal Open Market Committee (FOMC) meeting pada awal November 2022 lalu. Dalam laporan yang dirilis 24 November tersebut, The Fed menyampaikan bahwa ke depannya suku bunga tidak akan dinaikkan terlalu tinggi.

Pengumuman tersebut menjadi berita positif untuk kondisi makro ekonomi saat ini. Meskipun berita tersebut bisa terbilang sebagai fundamental positif, tetapi pergerakan harga Bitcoin masih bergerak lesu.

Crypto Heat Map by: Coin360

Bitcoin ditutup merah, dengan penurunan sebesar 0,03%, tetapi hal tersebut tidak terjadi pada ETH, yang berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,62%, dan BNB terlihat sideways naik sebesar 0,47%, setelah naik tinggi pada penutupan kandil harian kemari.

Beberapa aset kripto ditutup merah dengan penurunan yang cukup signifikan, seperti IMX yang turun sebesar 4,64%, CHZ turun sebesar 3,85%, dan AR dengan penurunan sebesar 3,69% dalam 24 jam terakhir.

Kapitalisasi market kripto kembali konsisten ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 0,48% dalam 24 jam terakhir. Crypto Total Market Cap ditutup pada level $791,892 miliar, dengan level tertinggi berada pada level $802,885 miliar, dan level terendah berada pada $780,522 miliar.

Fear and greed index masih ditutup rendah pada level 20 dengan kategori extreme fear. Ketakutan masih dirasa oleh pelaku pasar kripto yang masih menunggu pergerakan impulsif dari Bitcoin.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan DOT berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Kandil harian Bitcoin ditutup merah, dengan penurunan sebesar 0,03%. Aksi beli dan jual mulai seimbang setelah penutupan kandil harian membentuk doji candlestick.

Volume perdagangan kembali ditutup rendah, dibawah 20-day moving averge (MA). Aski beli dan volume perdagangan yang tinggi dibutuhkan untuk mempertahankan laju pullback Bitcoin.

Daily candle pagi ini ditutup pada harga $16.598, level tertinggi berada pada harga $16.812 dan level terendah berada pada harga $16.458.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Terciptanya doji candlestick setelah laju naik menjadi sinyal kemungkinan adanya koreksi. Titik support yang berada pada level $16.01 menjadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga Bitcoin kembali koreksi.

Dinamis resistance pada 20-day exponential moving average (EMA) di level $17.191 masih menjadi target naik terdekat Bitcoin.

Menjelang akhir pekan kemungkinan ada pergerakan yang impulsif dari Bitcoin, karena imbasnya akan mempengaruhi pergerakan harga pada Sabtu dan Minggu.

ETH/USDT 1D Binance

ETH berhasil mempertahan tren positif, setelah berhasil ditutup hijau dalam tiga hari beruntun. Kandil harian ETH kembali ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 1,62%.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.203, level tertinggi berada pada harga $1.217 dan level terendah berada pada harga $1.180.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Laju pullback harga ETH terlihat berhasil menyentuh support yang menjadi resistance di level $1.220. Respon terhadap titik tersebut akan menentukan arah dari pergerakan harga ETH selanjutnya.

Apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout titik tersebut, maka kesempatan untuk melaju lebih tinggi terbuka lebar. Target naik selanjutnya berada pada dinamis resistance 50-day EMA di level $1.330.

Pembalikan arah tren dari naik menjadi turun bisa terjadi apabila laju naik ETH mengalami penolakan pada titik resistance tersebut. Harga terendah pada 9 November di level $1.073 menjadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga ETH kembali koreksi.

BNB/USDT 1D Binance

BNB belum mampu breakout area resistance, dan penutupan kandil harian terlihat membentuk doji candlestick. Kandil harian BNB ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,47% dalam 24 jam terakhir.

Volume perdagangan ditutup lebih rendah dari kemarin, mengindikasikan adanya penurunan aksi beli terhadap laju bullish BNB saat ini.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $300,2, level tertinggi berada pada harga $304,1 dan level terendah berada pada harga $293,9.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Pergerakan harga BNB masih terseok-seok pada area resistance di level $290,6-$300. Breakout terhadap area tersebut menjadi kunci untuk melanjutkan laju bullish BNB.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 25 Mei di level $337,9 menjadi target naik selanjutnya apabila pergerakan harga BNB berhasil breakout area resistance yang saat ini menjadi tahanan solid untuk menahan laju bullish.

Titik support pada 20-Day EMA di level $286,8 kembali menjadi tahanan terdekat untuk menahan laju penurunan harga BNB apabila terjadi koreksi.

DOT/USDT 1D Binance

Laju pullback DOT harus tertahan setelah kandil harian ditutup merah, dengan penurunan sebesar 0,92%. Volume perdagangan yang rendah, berada dibawah 20-day MA menjadi salah satu faktor terhadap lesu-nya pergerakan harga DOT.

Daily candle DOT pagi ini ditutup pada harga $5,39, level tertinggi berada pada harga $5,53 dan level terendah berada pada harga $5,33.

DOT/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Laju pullback DOT naik menyentuh level $5,53, setelah berhasil breakout resistance di level $5,28 yang saat ini menjadi tahanan terdekat.

Penurunan harga kemungkinan akan berlanjut lebih dalam, apabila tahanan tahanan terdekat tersebut tidak mampu menahan laju penurunan harga DOT. Titik support berada pada level $4,70 sebagai tahanan selanjutnya apabila pergerakan harga DOT breakdown tahanan terdekatnya.

Tetapi apabila pergerakan harga DOT berhasil bounce setelah retest titik support di level $5,28, maka target naik terdekat berada pada dinamis resistance pada 20-Day EMA di level $5,69.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.