Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan ETC di Tengah Isu Resesi AS

Share :

Portalkripto.com — Bitcoin (BTC) terpantau stabil pada Kamis (28/7) dan tidak terdampak isu resesi yang saat ini tengah mengancam Amerika Serikat (AS) usai pertumbuhan ekonominya terkontraksi pada kuartal kedua. BTC juga tampak menguat meski The Fed menaikkan suku bunga 75 basis poin dua hari lalu.

Pertumbuhan (produk domestik bruto) PDB AS menuju arah negatif dalam dua kuartal berturut-turut yang bisa menjadi tanda resesi. Pada kuartal pertama, PDB AS turun 1,6% dan para kuartal kedua turun 0,9%.

Sementara, Ethereum (ETH) yang bersiap menyambut ‘The Merge’ (transisi dari Proof-of-Work ke Proof-of-Stake), juga mengalami sentimen yang sama. Kripto terbesar kedua tersebut berhasil menembus angka di atas $1,700 untuk pertama kalinya dalam dua bulan terakhir.

‘The Merge’ ikut berdampak pada Ethereum Classic (ETC) yang mengalami kenaikan secara signifikan. ETC dinilai tepat dijadikan jaringan PoW alternatif bagi penambang.

Berikut analisis pergerakan harga BTC, ETH, BNB, dan ETC berdasarkan candle chart (1D) dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzi.

BTC/USDT

Morning star candlestick pada penutupan kandil harian kemarin menjadi indikasi terhadap penerusan kenaikan Bitcoin. Penutupan kandil harian pagi ini berada di atas resistance.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $23.842, level tertinggi berada pada harga $24.199 dan level terendah berada pada harga $22.582.

Kandil harian hari ini akan menjadi konfirmasi terhadap breakout Bitcoin. Level $25.247 menjadi target kenaikan selanjutnya, dan apabila harga Bitcoin koreksi, maka level $23.362-$22.220 yang merupakan support dinamis dari day-50 exponential moving average (EMA) dan day-20 EMA akan menjadi area retest pada pergerakan harga Bitcoin.

ETH/USDT

ETH kembali meneruskan laju bullish dan naik sebesar 5,43% dari penutupan kandil harian kemarin. Pergerakan harga ETH berhasil menyentuh supply area, tetapi ada penolakan sehingga harga ETH kembali turun dan ditutup di bawah supply area.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.724, level tertinggi berada pada harga $1784 dan level terendah berada pada harga $1.593.

Target kenaikan harga pada ETH masih berada pada level $1.739-$1.916 dan support berada pada harga $1.597 apabila terjadi penurunan.

Kenaikan harga ETH diperkuat dengan kondisi day-20 EMA yang akan crossing day-50 EMA. Meski begitu koreksi bisa saja terjadi mengingat relative strength index (RSI) saat ini berada di area overbought.

BNB/USDT

Meskipun penutupan kandil harian pagi ini lebih tinggi dari kemarin, tetapi pergerakan harga BNB masih tertahan didalam bullish channel. Harga BNB kembali turun setelah menyentuh upper line dari bullish channel nya.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $277, level tertinggi berada pada harga $280 dan level terendah berada pada harga $263.

Resistance area pada harga $290-$298 masih menjadi target kenaikan apabila harga BNB mampu breakout dari bullish channel.

Kemampuan BNB untuk breakout dari resistance area akan menjadi trigger agar harga BNB mampu melanjutkan kenaikannya dan memasuki level $317-$329. Day-50 EMA pada harga $257 menjadi support apabila harga BNB mengalami koreksi.

ETC/USDT

Memasuki awal Juli, pergerakan harga Ethereum Classic (ETC) mengalami kenaikan yang signifikan. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan konsensus dari Proof-of-work (PoS) ke Proof-of-Stake (PoS) yang dilakukan oleh ETH.

Hal tersebut menyebabkan kerugian bagi para penambang, karena ke depannya ETH tidak bisa ditambang. Para komunitas penambang dan beberapa investor mulai melirik ETC sebagai alternatif.

Daily candle ETC pagi ini ditutup pada harga $40,81, level tertinggi berada pada harga $42,48 dan level terendah berada pada harga $31,94.

Kenaikan harga pada ETC masih sangat kuat karena dibarengi oleh peningkatan volume yang tinggi. Target kenaikan ETC berada pada harga $46-$52 yang merupakan supply area dan support berada pada harga $32 apabila harga ETC mengalami koreksi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.