Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan LINK, 30 Desember 2022

Share :

Portalkripto.com — Jelang akhir tahun, laju sidweays masih dirasakan oleh sebagian besar aset kripto, khususnya aset dengan kapitalisasi besar.

Produsen mobil ternama dunia asal Jerman, BMW, memanfaatkan teknologi blockchain untuk operasional harian untuk menghilangkan dokumen yang rumit, dan melihat pengembangan program loyalitas pelanggannnya di Thailand.

BMW bekerjasama dengan perusahaan infrastruktur Coinweb sebagai penyedia arsitektur Blockchain, dan BNB Chain untuk menyelesaikan transaksi.

Bitcoin sebagai aset nomor satu saat ini berhasil ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 0,52%. ETH mengikuti dengan kenaikaan sebesar 0,87%, dan BNB mencatatkan kenaikan sebesar 0,74%.

Ditengah lesunya pergerakan harga major aset kripto, beberapa altcoin berhasil curi panggung, seperti BIT yang berhasil naik tinggi, sebesar 19,29%, dan TON dengan kenaiakn sebesar 7,91%.

Kapitalisasi pasar kirpto berhasil ditutup hijau, naik sebesar 0,29%, ditutup pada level $758,267 miliar, dengan level tertinggi berada pada $763,422 miliar, dan level terendah berada pada $749,434 miliar.

Sentimen pasar kirpto konsisten stabil. Belum adanya pergerakan impulsif Bitcoin menjadi faktor utama laju sideways fear and greed index. F&G Index kembali ditutup pada level 28, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan LINK berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin melakukan perlawanan terhadap laju turunnya. Kandil harian Bitcoin ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,52%.

Aksi beli yang tinggi menjadi salah satu faktor naiknya harga Bitcoin. Hal tersebut terlihat dari penutupan volume perdagangan yang berada di 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $16.633, level tertinggi berada pada harga $16.664 dan level terendah berada pada harga $16.488.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Penutupan kandil harian Bitcoin berhasil retest resistance terdekatnya yang berada pada level $16.678. Usaha naik tersebut masih belum mampu breakout resistance terdekatnya.

Kondisi tersebut menjadi sinyal bahwa penurunan harga masih mungkin terjadi. Harga terendah pada penutupan kandil 19 Desember di level $16.256 menjadi tahanan terdekat apabila harga Bitcoin kembali koreksi.

Dinamis resistance pada 50-Day EMA di level $17.235 meruptakan target naik terdekat apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout resistance terdekatnya.

ETH/USDT 1D Binance

Pergerakan harga ETH masih berada dalam descending triangle. Kandil harian ETH berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,87%.

Volatilias ETH pada penutupan kandil harian 29 Desember tidak terlalu bergejolak. Volume perdagangan masih ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.200, level tertinggi berada pada harga $1.206, dan level terendah berada pada harga $1.186.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Supprt yang berubah fungsi menjadi resistance di level $1.218 masih menjadi titik yang harus dilewati untuk mendapatkan sentimen positif pasar.

Apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout titik tersebut, kemungkinan naik lebih tinggi akan dirasakan, dengan potensi kenaikan berada pada harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $1.350.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 28 November di level $1.151 masih mejadi tahanan terdekat apabila harga ETH kembali koreksi.

BNB/USDT 1D Binance

Pergerakan harga BNB melanjutkan tren sideways. Kandil harian BNB ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,74%. Volume perdagangan konsisten ditutup rendah sejak 21 Desember, dibawah 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $246,3, level tertinggi berada pada harga $246,9, dan level terendah berada pada harga $243,3.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Laju sideways BNB perlahan mendekati upper line dari falling wedge pattern. Harga terendah pada penutupan kandil harian 7 September di level $258,6 masih menjadi resistance terdekat.

Titik support yang tercipta pada penutupan kandil harian 26 Juli di level $239,6 merupakan tahanan terdekat apabila harga BNB kembali koreksi.

Relative strength index (RSI) konsisten bergerak data, mengindikasikan keseimbangan antara tekanan beli dan jual.

LINK/USDT 1D Binance

LINK bertahan pada laju bearishnya sejak penurunan yang terjadi pada 8 November. Kandil harian LINK kembali ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,30%.

Tekanan jual masih mendominasi. Hal tersebut terlihat dari penuruna RSI mendekati area oversold.

Daily candle LINK pagi ini ditutup pada harga $5,601, level tertinggi berada pada harga $5,731, dan level terendah berada pada harga $5,500.

LINK/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Pergerakan harga LINK saat ini berada pada major support di level $5,283-$5,886. Tahanan tersebut merupakan benteng pertahanan terakhir.

Potensi penurunan lebih dalam kemungkinan akan dirasakan apabila penurunan harga LINK berhasil breakdown area tersebut, dan harmonic support pada level $4,158 menjadi tahanan selanjutnya.

Pergerakan harga LINK masih memiliki peluang untuk bounce bergerak naik. Hal tersebut karena major support tersebut berhasil membalikan tren arah dari turun menjadi naik pada penurunan 13 Juni, 13 Juli, dan 21 November.

Dinamis resistane pada 20-day EMA di level $6,075 menjadi target bounce LINK.