Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan LINK, 4 Agustus 2022

Share :

Portalkripto.com — Bitcoin (BTC) sempat kembali ke bawah $23.000 pada Rabu (3/8) meski saham AS sedikit menguat imbas dari kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. S&P 500 dan Nasdaq Composite Index masing-masing naik 1,2% dan 2%.

Namun, perusahaan perdagangan QCP Capital memperkirakan Bitcoin akan meningkat secara bertahap di kuartal ketiga tahun ini. Bitcoin diperkirakan bisa mencapai $28.700, namun titik terendah di bear market ini menurut QCP bisa menyentuh $10.000.

Data CryptoQuant menunjukkan, penambang Bitcoin tampaknya sudah mulai optimis karena mereka terpantau terus meningkatkan kepemilikan Bitcoin pada Juli setelah terjadi kapitulasi pada Juni lalu.

Jumlah wholecoiners, atau pemegang lebih dari 1 BTC, bahkan mencapai titik tertingginya pada Agustus ini, yakni sebanyak 891.346.

Dapatkah Bitcoin dan altcoin memompa harga hari ini, atau justru goyah? Berikut analisis pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, LINK, dan ATOM dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzi.

BTC/USDT

Penutupan kandil harian pagi ini menjadi hari ke enam dalam penurunan beruntun Bitcoin. Dalam beberapa hari ini terjadi volatilitas yang meningkat dari pergerakan harga Bitcoin. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya shadow pada candlestick.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $22.818, level tertinggi berada pada harga $23.647 dan level terendah berada pada harga $22.681.

Resistance di level $23.362 masih menjadi tahanan untuk laju kenaikan harga Bitcoin. Sementara itu day-20 exponential moving average (EMA) masih menjadi support yang cukup solid untuk menahan laju penurunan dari Bitcoin.

Penutupan kandil harian pagi ini membentuk inverted hammer yang mengindikasikan adanya perubahan trend turun menjadi naik. Jika harga Bitcoin berhasil breakout dari resistance, maka target kenaikan selanjutnya akan berada pada level $24.668 yang menjadi titik tertinggi kenaikan pada pekan lalu.

Sementara itu support solid berada pada level $21.936, jika harga Bitcoin mengalami koreksi.

ETH/USDT

Meskipun penutupan kandil harian pagi ini ditutup merah, tetapi pergerakan harga ETH masih mampu bertahan di atas day-20 EMA. Penutupan volume kembali ditutup rendah, dibawah day-20 moving average (MA).

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.618, level tertinggi berada pada harga $1.685 dan level terendah berada pada harga $1.589.

Support pada level $1.597 masih cukup solid untuk menahan laju penurunan harga ETH. Day-50 EMA menjadi support berikutnya apabila terjadi breakdown. Supply area pada harga $1.739-$1.916 masih menjadi target utama untuk kenaikan harga ETH dan menjadi kunci untuk kenaikan ETH lebih lanjut.

BNB/USDT

Kandil harian BNB pagi ini ditutup positif, setelah membentuk sebuah candlestick hijau yang tinggi. Pergerakan harga BNB berhasil bergerak diatas area resistance, meskipun kembali turun dan ditutup didalam area resistance.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $297, level tertinggi berada pada harga $305 dan level terendah berada pada harga $278.

Setelah berada dalam penurunan selama 5 hari beruntun, BNB menjadi salah satu altcoin yang berhasil pullback. Jika pergerakan harga BNB berhasil break area resistance, maka target kenaikan selanjutnya akan berada pada level $317-$329, dan support akan berada pada level $290 jika harga BNB kembali turun dan retest.

LINK/USDT

Laju penurunan harga pada LINK mampu ditahan oleh day-20 EMA. Setelah mengalami penurunan selama lima hari beruntun, pagi ini LINK berhasil ditutup hijau, lebih tinggi dari penutupan hari kemarin.

Daily candle LINK pagi ini ditutup pada harga $7,284, level tertinggi berada pada harga $7,638 dan level terendah berada pada harga $7,050.

Pergerakan harga LINK saat ini mencoba breakout dari resistance di level $7,468, jika berhasil breakout, maka target laju kenaikan berikutnya akan berada pada level $8,164 yang merupakan resistance pada tanggal 30 Juli. Day-20 EMA dan day-50 EMA masih menjadi support yang solid, jika pergerakan harga LINK kembali mengalami penurunan.

ATOM/USDT

ATOM mengalami kenaikan sebesar 36,74% dan menjadi salahsatu altcoin yang mengalami kenaikan tinggi pada bulan Juli. Meskipun pada akhir Juli hinggal awal Agustus mengalami penurunan, tetapi pergerakan harga ATOM masih mampu bergerak diatas day-20 EMA.

Daily candle ATOM pagi ini ditutup pada harga $10,159, level tertinggi berada pada harga $10,536 dan level terendah berada pada harga $9,642.

Laju penurunan ATOM masih tertahan di day-20 dan day-50 EMA, yang masih menjadi tahanan yang solid untuk menjaga penurunan harga.

Saat ini terlihat harga ATOM sedang bergerak naik, target kenaikan akan berada di level $11,260. Jika pergerakan harga ATOM mampu breakout dari resistance tersebut, maka bukan tidak mungkin harga ATOM akan menyentuh level $12,397 kembali, yang merupakan resistance pada 23 Mei.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.