Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan LTC, 22 Desember 2022

Share :

Portalkripto.com — Sebagian besar aset kripto tampak bergerak sideways setelah mengalami kenaikan harga pada penutupan kandil harian 20 Desember.

Musim dingin kripto masih belum menunjukan tanda-tanda kehangatan. Penurunan harga yang terus dirasakan menimbulkan kesulitan bagi beberapa pelaku di industri ini. Penambang menjadi salah satu pelaku pasar yang merasakan dampak dari hal tersebut.

Salah satu perusahaan tambang Bitcoin terbesar, Core Scientific, diberitakan hampir mengalami kebangkrutan. Perusahaan tersebut sedang bersiap mengajukan perlindungan kepailitan Bab 11 ke pengadilan Amerika Serikat(AS).

Data Glassnode menunjukan bahwa investor ritel atau investor non-institusional tercatat telah memiliki 17% dari total Bitcoin yang beredar. Kondisi tersebut menjadi sinyal adanya akumulasi disaat penurunan harga.

Penutupan kandil harian tiga aset kripto dengan kapitalisasi tertinggi mengalami penurunan, seperti Bitcoin turun sebesar 0,42%, diikuti oleh ETH yang turun sebesar 0,26%, dan BNB dengan penurunan sebesar 2,07%.

HNT berhasil mendapatkan sentimen positif pelaku pasar kripto setelah berhasil naik sebesar 32,09% pada penutupan kandil harian pagi ini. Selain itu, ETC kembali bergairah setelah mencatatkan kenaikan sebesar 4,46%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali mengalami koreksi, turun sebesar 0,61%, ditutup pada level $769,181 miliar, dengan level tertinggi berada pada $776,373, dan level terendah berada pada $763,496.

Sentimen pasar kripto kembali terangkat setelah Bitcoin dan altcoin dengan kapitalisasi teratas terlihat bertahan setelah mengalami kenaikan pada penutupan kandil harian 20 Desember. Fear and greed index ditutup pada level 28, naik dua poin dari penutupan kandil harian 20 Desember, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan LTC berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Laju naik Bitcoin masih tertahan dinamis resistance pada 20-day exponential moving average (EMA). Kandil harian Bitcoin ditutup merah, turun sebesar 0,42%. Setelah berhasil naik pada 20 Desember, pergerakan harga Bitcoin terlihat lesu.

Volume perdagangan ditutup rendah, dibawah garis 20-day moving average (MA). Meskipun penutupan kandil harian ditutup negatif, pergerakan harga Bitcoin masih mampu berada diatas support terdekatnya.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $16.824, level tertinggi berada pada harga $16.925 dan level terendah berada pada harga $16.723.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Breakout dinamis resistance pada 20-day EMA di level $16.969 menjadi kunci untuk bergerak naik lebih tinggi. Potensi kenaikan apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout titik tersebut berada pada support yang menjadi reisistance di level $17.622.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 7 Desember di level $16.678 masih menjadi tahanan terdekat apabila harga Bitcoin kembali koreksi.

Support tersebut kemungkinan menjadi titik retest sebagai pemicu untuk kembali naik. Aksi beli menjadi salah satu faktor penting untuk mendorong naik harga Bitcoin.

ETH/USDT 1D Binance

Pergerakan harga ETH terlihat sideways setelah berhasil naik pada penutupan kandil harian 20 Desember. Kandil harian ETH ditutup merah, turun tipis sebesar 0,26%.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.213, level tertinggi berada pada harga $1.223 dan level terendah berada pada harga $1.203.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Breakout dinamis resistance pada 20-day EMA di level $1.231 kemungkinan akan menjadi pemicu yang baik untuk mendorong kembali kenaikan harga ETH.

Apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout 20-day EMA dan descending line-nya, maka harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $1.350 menjadi target naik selanjutnya.

Support yang terbentuk pada penutupan kandil harian 28 November di level $1.151 masih mejadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga ETH kembali koreksi.

BNB/USDT 1D Binance

BNB masih bergerak sideways setelah berhasil rebound pada penurunan 16 Desember. Kandil harian BNB ditutup merah dengan penurunan sebesar 2,07%. Pergerakan harga masih konsisten berada pada laju bearish pada falling wedge pattern.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $246,2, level tertinggi berada pada harga $251,5 dan level terendah berada pada harga $245,2.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB cender sideways setelah penurunan harga pada 19 Desember tertahan support terdekat pada level $239,6.

Support yang terbentuk pada penutupan kandil harian 7 September di level $258,6 menjadi resistance terdekat. Pergerakan agresif kemungkinan akan dirasakan apabila harga BNB breakout resistance atau breakdown support terdekatnya.

Breakout terhadap falling wedge pattern masih menjadi target utama BNB untuk mengundang sentimen positif pelaku pasar kripto dan mendorong kenaikan harga.

LTC/USDT 1D Binance

Kandil harian LTC ditutup merah dengan penurunan sebesar 0,23%. Penutupan kandil harian membentuk doji candlestick, mengindikasikan adanya keseimbangan antara aksi jual dan beli.

Daily candle LTC pagi ini ditutup pada harga $65,40, level tertinggi berada pada harga $66,84, dan level terendah berada pada harga $64,61.

LTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga LTC mengalami penurunan sebesar 22,83% pada periode 13-19 Desember. Breakdown rising wedge pattern menjadi sinyal kuat akan adanya penurunan harga.

Penurunan harga tersebut berhasil tertahan oleh resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $64,29. Harga LTC kembali bounce ketika penurunan harga meenyentuh titik tersebut.

Penutupan kandil harian pagi ini yang membentuk doji menjadi kekhawatiran pelaku pasar kripto karena berpoetensi membentuk evening candlestick pattern apabila kandil harian 22 Desember di tutup lebih rendah dari support terdekatnya.

Penurunan lebih dalam kemungkinan akan terjadi jika harga LTC berhasil breakdown support terdekatnya. Titik support selanjutnya berada pada harga terendah penutupan kandil harian 14 November di level $53,24.

Tetapi apabila pergerakan harga LTC mampu kembali naik, maka 20-day EMA di level $69,95 menjadi target naik terdekat.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.