Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan SOL, 27 Desember 2022

Share :

Portalkripto.com — Laju sideways Bitcoin masih berlanjut. Kondisi tersebut menjadi momentum yang dimanfaatkan sebagian aset kripto untuk melakukan pergerakan agresif dan menarik perhatian pasar.

Menghadapi tahun 2023, komunitas kripto masih dihantui oleh likuidasi ex-bursa sentral terbesar, Mt Gox, yang tertahan selama 8 tahun sejak pengajuan kebangkrutan 2014. Mt Gox diberitakan siap melepas 141.686 BTC senilai $2,4 miliar ke kreditur.

Jumlah trader kripto di Indonesia mengalami peningkatan tajam. Laporan dari Asosiasi Blockchain Indonesia melaporkan sebanyak 6,4 juta trader kripto tecatat pada periode Januari-Oktober 2022. Mengalami peningkatan sebesar 152% dibandingkan jumlah pada 2021 yang berada di angka 6,5 trader.

Bitcoin berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,52%, diikuti oleh ETH dengan kenaikan sebesar 0,79%, dan BNB kembali menghijau, naik 0,45%, setelah dua hari beruntum mengalami penurunan.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto berhasil curi penggung dengan mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan, seperti LUNC yang berhasil naik 10,80%, QNT ditutup hijau, naik sebesar 3,21%, dan LDO dengan kenaikan sebesar 7,11%.

Kapitalisasi pasar kripto kembali menghijau setelah naik 0,64% pada penutupan kandil harian pagi ini, ditutup pada level $774,857 miliar, dengan level tetinggi berada pada $777,112 miliar, dan level terendah berada pada $766,19 miliar.

Sentimen pasar kripto masih terlihat stabil. Volatilitas Fear and greed terbilang rendah, hanya turun atau naik satu atau dua poin, ditutup pada level 27, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan SOL berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Pergerakan harga Bitcoin bergerak naik menyentuh dinamis resistance 20-day exponential moving average (EMA). Kandil harian Bitcoin ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,52%.

Volume perdagangan di spot market Binance pair BTC/USDT masih terlihat lesu, dibawah 20-day moving average (MA), dan relative strength index (RSI) konsisten bergerak datar, mengindikasikan belum ada pergerakan agresif dari aksi jual dan beli.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $16.919, level tertinggi berada pada harga $16.944 dan level terendah berada pada harga $16.791.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Kenaikan harga Bitcoin menyentuh dinamis resistance pada 20-day EMA di level $16.923. Brekout terhadap titik tersebut menjadi pemicu yang baik untuk lanjut bergerak naik.

Apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout, peluang untuk melanjutkan kenaikan semakin lebar dengan target berada pada 50-day EMA di level $17.325 dan support yang menjadi resistance pada penutupan kandil harian 18 Juni di level $17.622.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 7 Desember di level $16.678 merupakan titik support sebagai tahanan terdekat apabila pergerakan harga Bitcoin kembali koreksi.

ETH/USDT 1D Binance

ETH mmasih bertahan dengan tren sideways-nya. Kandil harian ETH ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,79%. Volume perdagangan pada market spot Binance pairs ETH/USDT masih ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.228, level tertinggi berada pada harga $1.231, dan level terendah berada pada harga $1.211.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH konsisten bergerak sideways pada support yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 21 September di level $1.220.

Titik support yang tercipta pada penutupan kandil harian 28 November di level $1.151 menjadi tahanan terdekat apabila harga ETH kembali koreksi.

Resistance terdekat pada 50-Day EMA di level $1.261 menjadi target naik terdekat ETH, dan target naik selanjutnya berada pada harga tertinggi penutupan kandil harian 10 November di level $1.350.

BNB/USDT 1D Binance

Pergerakan harga BNB konsisten sideways sejak bounce pada 18 Desember. Kandil harian BNB ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,45%. Rendahnya volume perdagangan menjadi faktor utama lesunya pergerakan harga BNB.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $244,3, level tertinggi berada pada harga $244,9, dan level terendah berada pada harga $242.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 26 Juli di level $239,6 masih menjadi support solid sebagai tahanan apabila pergerakan harga BNB kembali koreksi.

Dinamis resistance pada 20-day EMA di level $255,9 merupakan tahanan terdekat untuk menahan laju naik BNB.

Breakout terhadap falling wedge pattern dan resistance terdekatnya menjadi misi utama BNB saat ini untuk kembali mendapat sentimen positif pasar kripto dan mendorong pergerakan harga.

SOL/USDT 1D Binance

Pergerakan harga SOL masih terseok-seok pada titik support. Kandil harian SOL ditutup merah dengan penurunan sebesar 0,53%. Tekanan jual masih dinilai tinggi, hal tersebut terlihat dari RSI yang belum mampu keluar dari area oversold.

Daily candle SOL pagi ini ditutup pada harga $11,32, level tertinggi berada pada harga $11,49, dan level terendah berada pada harga $11,06.

SOL/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga SOL perlahan turun setelah berhasil bounce pada penurunan 9 November. Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $18,87 sebagai resistance pada laju sideways SOL.

Harga terendah pada penutupan kandil harian di level $11,27 merupakan major support sebagai benteng pertahanan terakhir untuk menahan laju penurunan harga.

Penurunan harga lebih dalam kemungkinan akan kembali dirasakan apabila pergerakan harga SOL berhasil breakdown major support-nya. Target penurunan berada pada level $8,96.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.