Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan UNI, 28 Desember 2022

Share :

Portalkripto.com — Penutupan merah pada kandil harian pagi ini terlihat mendominasi. Meskipun Bitcoin dan ETH mengalami penurunan, BNB dan XRP berhasil ditutup hijau.

Hacker kembali beraksi dengan melakukan pencurian terhadap software dompet kripto BitKeep menggunakan APK bajakan. Aset kripto senilai $8 juta berhasil dibawah oleh pelaku kejahatan tersebut. Aset tersebut termasuk 4.373 BNB, 5,4 jura USDT, 196.000 DAI, dan 1.233 ETH.

Miliarder asal Amerika Serikat (AS) dan pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban, mengatakan bahwa Bitcoin menjadi penyimpanan nilai yang lebih baik daripada emas. Cuban menambahkan, jika dia memilih penyimpanan self-custody sebagai tempat simpan Bitcoin-nya.

Aset kripto dengan kapitalisasi terbesar, Bitcoin, ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,26%, diikuti oleh ETH yang mengalami penurunan sebsear 1,35%, dan BNB berhasil meneruskan laju bounce, dengan kenaikan sebesar 0,98%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto berhasil menarik perhatian pasar pada penutupan kandil harian pagi ini, seperti LUNC yang kembali naik sebesar 7,37%, OKB berhasil naik sebesar 3,87%, dan AAVE meneruskan laju naiknya dengan kenaikan sebesar 2,68%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup merah, turun sebesar 0,95%, ditutup pada level $767,509 miliar, dengan level tertinggi berada pada $779,461 miliar, dan level terendah berada pada $759,907 miliar.

Penurunan harga pada Bitcoin dan ETH tidak mempengaruhi sentimen pasar. Fear and greed index stabil ditutup pada level 28, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan UNI berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin kembali mengalami penolakan pada 20-day exponential moving average (EMA). Kandil harian Bitcoin ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,26%.

Aksi jual kembali meningkat, hal tersebut terlihat dari penutupan volume perdagangan pada market spot Binance pair BTC/USDT yang meningkat mendekati 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $16.706, level tertinggi berada pada harga $16.972 dan level terendah berada pada harga $16.592.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Dinamis resistance pada 20-day EMA di level $16.882 masih menjadi tahanan yang solid untuk menahan usaha naik Bitcoin. Harga Bitcoin mengalami penolakan dan kembali bergerak turun ketika menyentuh titik tersebut.

Penutupan kandil harian berada tepat di support terdekatnya pada level $16.678. Bitcoin berpotensi mengalami penurunan lebih lanjut apabila terjadi breakdown pada titik tersebut.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 28 November di level $15.995 menjadi titik support selanjutnya.

ETH/USDT 1D Binance

Pergerakan harga ETH kembali koreksi setelah usaha naik mengalami penolakan pada 20-day EMA. Kandil harian ET ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,35%.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.211, level tertinggi berada pada harga $1.233, dan level terendah berada pada harga $1.200.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga ETH terlihat berada dibawah support terdekat yang tercipta pada 21 September di level $1.220.

Penutupan kandil harian 28 Desember menjadi konfirmasi terhadap breakdown tersebut. Apabila penutupan kandil harian 28 Desember ditutup merah, maka penurunan harga kemungkinan akan berlanjut.

Target penurunan berada pada titik support yang tercipta pada penutupan kandil harian 28 November di level $1.151.

BNB/USDT 1D Binance

BNB berhasil melanjutkan laju naiknya, setelah kandil harian ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,98%. Naiknya harga tersebut tidak didukung oleh volume perdagangan yang mumpuni. Volume perdagangan masih ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $246,7, level tertinggi berada pada harga $248,9, dan level terendah berada pada harga $242,1.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

BNB melanjutkan laju nainya dan mendekati resistance terdekat yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 7 September di level $258,6.

Apabila pergerakan harga BNB berhasil menyentuh titik tersebut, maka peluang untuk breakout dari falling wedge pattern sebagai misi utama untuk mendapatkan sentimen positif pasar semakin lebar.

Titik support yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 26 Juli di level $239,6 masih menjadi tahanan terdekat apabila harga BNB kembali koreksi.

UNI/USDT 1D Binance

UNI masih berada pada descending triangle pattern sebagai jalur bearish-nya. Kandil harian UNI ditutup merah dengan penurunan sebesar 0,19%.

Aksi beli dan jual terlihat seimbang, setelah penutupan kandil harian membentuk doji candlestick. Volume perdagangan kembali ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle UNI pagi ini ditutup pada harga $5,193, level tertinggi berada pada harga $5,330, dan level terendah berada pada harga $5,095.

UNI/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga UNI terseok-seok pada titik support terdekatnya di level $5,140.

Potensi penurunan menghantui apabila penutupan kandil harian 28 Desember ditutup merah. Harga terendah pada penutupan kandil harian 30 Juni di level $4,600 menjadi titik support selanjtunya.

Dinamis resistance pada 20-day EMA di level $5,424 menjadi target terdekat apabila pergerakan harga UNI berhasil bounce.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.