Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan XRP, 4 Januari 2022

Share :

Portalkripto.com — Penutupan kandil harian kembali ditutup hijau, dengan kenaikan tipis, khususnya pada aset kripto dengan kapitalisasi besar.

Genesis block merupakan block pertama yang berhasil ditambang oleh penemu Bitcoin, Satoshi Nakamoto. Kejadian tersebut terjadi pada 3 Januari 2009, dan dikenal sebagai hari lahirnya Bitcoin. Pada 3 Januari 2023 usia Bitcoin genap 14 tahun.

International Monetary Fund (IMF) memprediksi bahwa sepertiga Negara Dunia akan mengalami resesi di tahun 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, pada wawancara yang dilakukan bersama CBS. Perlambatan ekonomi yang dialami oleh tiga negara besar, seperti Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), dan Cina, menjadi indikatornya.

Bitcoin berhasil bertahan untuk bergerak diatas penutupan kandil harian 2 Januari, ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,01%. ETH mengalami kondisi yang sama dengan Bitcoin, ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,05%, dan BNB dengan kenaikan sebesar 0,37%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto berhasil curi panggung pada penutupan kandil harian pagi ini, seperti SOL yang berhasil meneruskan laju naiknnya, ditutup dengan kenaikan sebesar 18,53%, dan FLOW kembali bergairah, dengan kenaikan sebesar 8,56%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup hijau, naik tipis sebesar 0,06%, ditutup pada level $766,059 miliar, dengan level tertinggi berada pada $771,562 miliar, dan level terendah berada pada $760,111 miliar.

Sentimen pasar kembali meningkat setelah sebagian besar aset kripto bergerak naik. Fear and greed index ditutup pada level 29, dengan kategori fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan XRP berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin masih berusaha breakout 20-day exponential moving average (EMA) sebagai dinamis resistance. Kandil harian Bitcoin kembali ditutup hijau, naik tipis sebesar 0,01%.

Volume perdagangan pada market spot Binance pairs BTC/USDT ditutup pada garis 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $16.675, level tertinggi berada pada harga $16.778, dan level terendah berada pada harga $16.605.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Dinamis resistance pada 20-day EMA di level $16.771 masih menjadi penghalang terdekat untuk bergerak lebih tinggi.

Breakout terhadap titik tersebut menjadi pemicu untuk mendapatkan sentimen positif pasar kripto. Pada saat artikel ini dibuat, pergerakan harga Bitcoin sudah breakout 20-day EMA.

Penutupan kandil harian 4 Januari pada hari esok, 5 Januari, pukul 07.00 WIB, akan menjadi konfirmasi terhadap breakout tersebut.

Laju naik Bitcoin berpotensi untuk melaju ke 50-day EMA di level $17.135 sebagai resistance selanjunya.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 7 Desember di level $16.678 masih menjadi support solid Bitcoin saat ini.

ETH/USDT 1D Binance

ETH bertahan di area resistance setelah berhasil brekaout descending line pada 2 Januari. Kandil harian ETH ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,05%.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.214, level tertinggi berada pada harga $1.219, dan level terendah berada pada harga $1.204.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penutupan kandil harian 3 Januari berhasil bertahan diatas penutupan kandil harian 2 Januari. Saat artikel ini dibuat, kandil harian 4 Januari berhasil brekaout 20-day EMA di level $1.220 yang saat ini menjadi titip support terdekat.

Kenaikan harga ETH tersebut terlihat menyentuh target terdekatnya pada 50-day EMA di level $1.246. Penutupan kandil harian 4 Januari akan menjadi konfirmasi terhadap breakout tersebut.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 November di level $1.350 menjadi target naik utama, setelah pergerakan harga ETH berhasil breakout descending line-nya.

BNB/USDT 1D Binance

Penutupan kandil harian BNB berada tepat pada upper line dari falling wedge pattern. Kandil harian BNB ditutup hijau, naik tipis sebesar 0,37%.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $246,1, level tertinggi berada pada harga $247, dan level terendah berada pada harga $244,4.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Saat artikel ini dibuat, pergerakan harga BNB mengalami kenaikan dan berhasil breakout dinamis resistance pada 20-day EMA di level $251,2, yang saat ini menjadi support terdekat apabila harga BNB kembali koreksi.

Namun laju naik tersebut tertahan support yang menjadi resistance pada level $258,6. Breakout titik resistance tersebut menjadi pemicu untuk meneruskan laju naik BNB.

Dinamis resistance pada 50-day EMA di level $264,2 menjadi target naik berikutnya apabila pergerakan harga BNB berhasil breakout.

Target naik utama BNB setelah berhasil breakout falling wedge apttern berada pada harga tertinggi penutupan kandil harian 10 September di level $298,6.

XRP/USDT 1D Binance

Usaha bounce XRP masih terhalang 20-day EMA sebagai tahanan terdekat. Kandil harian XRP ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,32%. Aksi jual kembali meningkat, hal tersebut terlihat dari volume perdagangan yang ditutup tinggi, berada diatas 20-day MA.

Daily candle XRP pagi ini ditutup pada harga $0,3436, level tertinggi berada pada harga $0,3520, dan level terendah berada pada harga $0,3395.

XRP/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga XRP mengalami penurunan drastis pada penutupan kandil harian 2 Januari, tetapi berhasil rebound dan ditutup hijau.

Usaha bounce XRP terhalang dinamis resistance pada 20-day EMA di level $0,3537. Breakout titik tersebut menjadi kunci untuk bergerak lebih tinggi.

Target naik selanjutnya berada pada 50-Day EMA di level $0,3725, apabila pergerakan harga XRP berhasil breakout.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 13 November di level $0,3325 masih menjadi tahanan solid apabila harga XRP kembali koreksi.

Misi utama XRP untuk kembali bergairah dan mendapat sentimen positif pasar kirpto adalah breakout descending triangle pattern.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.