Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, dan BNB, 5 Agustus 2022

Share :

Portalkripto.com — Efek penurunan Bitcoin sudah mulai berkurang, terlihat dari beberapa koin major yang bertahan, bahkan BNB melanjutkan kenaikannya. Hal tersebut disebabkan karena Bitcoin dominance terus menurun sehingga psikologis market terbagi ke altcoin.

Bitcoin perlahan-lahan mengalami tren turun selama minggu ini. Aset kripto nomo satu berdasarkan kapitalisasi pasar ini tampaknya telah kehilangan momentum karena ketidakpastian pasar.

Momentum bullish ini perlu dipertahankan agar level harga BTC saat ini tidak jatuh ke level support sebelumnya.

Sementara Ethereum mencatat aksi harga positif dalam seminggu terakhir, namun tidak dapat mempertahankan momentum. Harga Ethereum juga kemungkinan akan sangat terpengaruh oleh Merge Ethereum yang akan selesai pada bulan September.

Sedangkan harga BNB terlihat sangat kuat setelah menunjukkan beberapa tanda positif dalam beberapa hari terakhir dengan banyak tawaran yang dibuat oleh bulls BNB yang mendorong harga koin terlepas dari ketidakpastian pasar.

Berikut adalah analisis teknikal harga Bitcoin, Etherum, dan BNB hari ini berdasarkan daily candle chart (1 day) dari analis Portalkripto.com, Arly Fauzi.

BTC/USDT

Pagi ini penutupan kandil harian Bitcoin kembali ditutup merah dan mengalami penurunan sebesar 0,86% dalam 24 jam terakhir, ini merupakan hari ke tujuh dalam penurunan beruntun Bitcoin. Laju penurunan Bitcoin masih tertahan di day-20 exponential moving average (EMA).

Volume kembali ditutup rendah dibawah day-20 moving average (MA), sedangkan relative strength index (RSI) masih bergerak sideways pada area netral. Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $22.622, level tertinggi berada pada harga $23.223 dan level terendah berada pada harga $22.400.

BTC/USDT daily chart. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Pergerakan harga Bitcoin masih berada dalam bullish channel meskipun sudah tujuh hari mengalami penurunan. Support pada level $21.978 menjadi tahanan selanjutnya apabila harga Bitcoin melanjutkan penurunannya. Menjelang weekend volatilitas lebih didominasi oleh retail, yang kemungkinan peluangBitcoin untuk pullback masih ada.

Resistance pada level $23.362 masih menjadi target terdekat apabila terjadi kenaikan, dan level $24.650 akan menjadi target selanjutnya jika harga Bitcoin berhasil breakout.

Bitcoin Dominance

Dominasi Bitcoin pada bulan Mei hingga pekan kedua Juni mengalami kenaikan yang cukup tinggi sebesar 16%, kondisi tersebut berbalik arah dengan pergerakan harga Bitcoin. Pada Mei hingga pekan ke dua Juni, harga Bitcoin mengalami penurunan hampir 30%.

Pekan ke dua bulan Juni hingga saat ini, dominasi Bitcoin terus mengalami penurunan. Juli ini harga Bitcoin mengalami kenaikan dan ditutup hijau pada penutupan kandil bulanan, tetapi kondisi tersebut bertolak belakang dengan dominasi Bitcoin yang ditutup merah.

Market Cap BTC Dominance daily chart. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Penurunan dominasi Bitcoin saat ini menjadi salah satu indikasi dari penurunan harga Bitcoin pada awal Agustus, tetapi menjadi momentum positif untuk beberapa altcoin yang terlihat pumping. Harga Bitcoin mengalami penurunan sejak memasuki bulan Agustus, meski begitu penurunan tersebut terlihat tidak signifikan. Target penurunan dominasi Bitcoin saat ini berada pada level 41,33%. Titik tersebut menjadi support yang kuat untuk menahan laju penurunan dominasi Bitcoin.

ETH/USDT

Pergerakan harga ETH kembali ditutup merah, lebih rendah dari hari sebelumnya dan tertahan pada ascending line. ETH mengalami penurunan sebesar 0,63% dalam 24 jam terakhir, tetapi masih mampu bergerak diatas day-20 EMA.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.607, level tertinggi berada pada harga $1.662 dan level terendah berada pada harga $1.580.

ETH/USDT daily chart. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

Support pada level $1.597 masih menjadi tahanan yang solid untuk menahan laju penurunan harga ETH. Day-50 EMA pada harga $1.504 menjadi support berikunya jika harga ETH breakout dari ascending line. Tetapi apabila pergerakan harga ETH berhasil pullback, maka supply area pada level $1.739-$1.916 masih menjadi target utama dalam kenaikan harga ETH.

BNB/USDT

BNB mengalami kenaikan yang cukup tinggi sebesar 4,81% dalam 24 jam terakhir. Penutupan kandil harian BNB pagi ini ditutup positif dan mengkonfirmasi breakout dari area resistance untuk melanjutkan kenaikan.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $311, level tertinggi berada pada harga $313 dan level terendah berada pada harga $297.

BNB/USDT daily chart. Source: TradingView. By: Arli Fauzi

BNB kembali berada di area overbought dari relative strength index (RSI) setelah berhasil melanjutkan laju kenaikannya. Target kenaikan harga BNB terdekat masih berada pada level $317, dan pada target kenaikan selanjutnya berada pada level $329 yang merupakan resistance dari day-200 EMA. Jika harga BNB koreksi, maka penurunan akan berada pada level $290-$298.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.