Arus Masuk BTC dan ETH ke Exchanges Meningkat, Bandar Siap Jual?

Share :

Portalkripto.com- Bitcoin bergerak sideways setelah menemukan lantai penurunan pada 29 Agustus. Area ranging BTC berada di level $19.619 sebagai support dan $20.478 sebagai resistance. Kondisi tersebut membuat altcoin bergerak ragu-ragu.

Meskipun, sejumlah altcoin ada yang curi panggung dengan mengalami kenaikan yang tinggi, tetapi tidak sedikit yang bergerak sideways mengikuti pergerakan dari BTC.

Begitupun dengan ETH, harga ETH kembali turun setelah berhasil pullback dengan puncak kenaikan pada 2 September. Saat ini harga ETH cenderung bergerak sideways pada level $1.534-$1.591 sejak 3 September lalu.

Dari kondisi aset kripto terbesar pertama dan kedua tersebut, terlihat bahwa market sedang ragu-ragu dan menunggu kedua aset tersebut bergerak naik atau turun. Data on-chain dari exchange netflow BTC dan ETH menjadi salah satu faktor mengapa harga bergerak sideways.

 

Bitcoin Exchange Netflow

Bitcoin Exchange Netflow by Cryptoquant

Arus masuk (inflow) Bitcoin pada 31 Agustus hingga awal September ini terlihat lebih dominan. Data menunjukan bahwa pada tanggal 31 Agustus, netflow (inflow-outflow) Bitcoin ditutup positif sebanyak 10.548 Bitcoin, dengan arus masuk sebanyak 63.239 Bitcoin yang masuk ke exchange dan arus keluar (outflow) sebanyak 52.691 Bitcoin.

BACA JUGA: Pelanggan Mt. Gox Punya Waktu hingga 15 September Ajukan Penggantian Dana

Begitupun dengan data pada 2 September yang menunjukan penutupan netflow ditutup positif dengan jumlah yang tinggi yaitu sebanyak 10.643 Bitcoin.

 

ETH Exchange Netflow

Ethereum Exchange Netflow by Cryptoquant

Dominasi arus masuk ke exchange tidak hanya terjadi di Bitcoin, data menunjukan bahwa pada tanggal 2-3 September arus masuk ETH yang masuk ke exchange mengalami kenaikan yang sangat tinggi.

Exchange netflow ETH pada 2 September ditutup positif sebanyak 211.554 ETH, dengan arus masuk ETH sebanyak 598.644 ETH dan arus keluar sebanyak 387.089 ETH. Sedangkan pada 3 September exchange netflow ETH ditutup sebanyak 119.523, dengan arus masuk sebanyak 253.048 ETH dan arus keluar sebanyak 133.524 ETH.

Dari data tersebut didapat bahwa awal September tercatat arus masuk Bitcoin dan ETH lebih tinggi dari pada arus keluar.

Kondisi tersebut mengindikasikan akan adanya penjualan secara masif terhadap kedua aset tersebut dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab bahwa market bergerak lambat, karena trader dan investor masih harap-harap cemas.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.