Binance Diizinkan Beroperasi di Polandia

Share :

Portalkripto.com — Binance Polandia mendapatkan lampu hijau untuk beroperasi secara penuh di negara tersebut setelah menyepakati standar dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah setempat. Dengan aturan tersebut, warga negara Polandia harus menandatangani Syarat dan Ketentuan baru untuk terus menggunakan layanan Binance.

Kepala Binance Eropa Timur, Kyrylo Khomiakov, menyambut baik inisiatif pemerintah Polandia dengan mengatakan industri kripto membutuhkan regulasi yang efektif dan tepat untuk membantu adopsi arus utama aset digital.

“Kami sangat percaya bahwa lingkungan peraturan yang stabil dapat mendukung inovasi dan sangat penting untuk membangun kepercayaan dalam industri dan pertumbuhan jangka panjang,” katanya.

Awal bulan ini, Binance juga mendapat lisensi dari pemerintah Swedia. Sebelumnya Binance sudah menjalankan operasinya di Prancis, Italia, Lituania, Spanyol, dan Siprus, serta lebih dari 16 yurisdiksi di seluruh dunia.

Perlu Regulasi yang Jelas

Sejak ambruknya FTX, negara-negara di Uni Eropa semakin ketat dalam merancang dan membuat regulasi yang mengatur kripto untuk melindungi investor. Dari sisi investor dan institusi, mereka juga menuntut kejelasan peraturan agar transaksinya berjalan aman dan terlindungi.

Jauh sebelum runtuhnya FTX ataupun Terra Luna, Uni Eropa (UE) sudah mempersiapkan regulasi yang mengatur aset kripto. Regulasi ini sangat dibutuhkan karena Eropa merupakan penyumbang terbesar dalam industri kripto dengan menguasai 25% perdagangan secara global.

Regulasi tersebut akhirnya lahir pada Oktober 2022. Dewan Eropa menyetujui Peraturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA), sebagai salah satu upaya pertama secara global untuk regulasi komprehensif pasar mata uang kripto. MiCA merupakan regulasi komprehensif pertama di dunia yang dirancang khusus untuk aset kripto dan menjadi blue print bagi negara UE.

Peraturan tersebut juga membahas pasal-pasal tentang pencucian uang, perlindungan konsumen, akuntabilitas perusahaan kripto, dan dampak lingkungan.