Bitcoin Catat Penutupan Mingguan Terendah Sejak Awal April 2022

Share :

Portalkripto.com — Bitcoin (BTC) menutup pekan ketiga April 2022 dengan penurunan hingga di bawah $40.000. Berdasarkan data Coinmarketcap, pada penutupan akhir pekan kemarin, Bitcoin menyentuh angka $39.500 dan menjadi yang terendah sejak 7 April 2022.

“Tren kenaikan yang cukup tajam sejak pertengahan Januari. Ini penutupan akhir pekan yang bisa jadi yang terburuk,” ujar akun Twitter CryptoBull dalam diskusi dengan analis Johal Miles dan Pentoshi, dikutip dari Cointelegraph.

Terbentuknya empat lilin merah secara berturut-turut dalam candle chart mingguan saat ini menjadi peristiwa yang langka. Bentuk grafik mingguan semacam ini belum pernah terjadi dalam dua tahun terakhir.

“Belum terjadi sejak 6/2020. Tapi setelah itu terjadi, kami naik ke ATH (All Time High),” tulisnya.

Harga di area $ 40 ribu menjadi titik penting bagi pertahanan Bitcoin. Para pedagang atau trader masih menunjukan kekhwatiran dalam jangka pendek. Fear and greed indeks pasar crypto saat ini berada pada level ketakutan ekstrem di angka 23.

Hal ini pun menunjukan bahwa pasar sedang menunggu pergerakan positif dari Bitcoin. Sehingga, area $ 40 ribu menjadi area resistensi yang penting untuk ditembus  BTC saat ini. Jika area tersebut ditembus, kepercayaan pasar akan terangkat kembali.

Pasar Kripto Stagnan

Koin-koin besar di pasar kripto mengalami stagnasi pekan ini. Meskipun,  adopsi crypto institusional baru yang minimal menjadi kontributor besar untuk itu.

Namun, dibandingkan dengan dua minggu sebelumnya, kerugian cenderung melambat. Senin ini, saat laporan ini ditulis, Bitcoin turun 1,56% untuk diperdagangkan pada $39,069, sementara Ethereum turun 3,05%% menjadi $2,859,24.

Sementara itu, aset kripto di posisi peringkat 40 besar mayoritas membukukan penurunan besar. Kerugian paling menonjol dirasakan oleh pemegang XRP, yang merosot 7,52% selama tujuh hari terakhir menjadi sekitar $0,68.

Sementara LUNA  naik 18,11% menjadi $90,42. Kenaikan juga dialami koin Monero (XMR) sebesar 5,65% menjadi $253,67 setelah berita tentang hard fork yang jatuh tempo pada bulan Juli.

Dipengaruhi Prancis?

Menurunnya nilai bitcoin ke titik terendah ikut dipengaruhi pemilihan Presiden Prancis pada 24 April 2022.

Meski petahana Emmanuel Macron dijagokan untuk memenangkan masa jabatan periode keduanya, namun reaksi pasar tetap negatif, mengantisipasi Marine Le Pen memenangkan kursi kepresidenan.

“Ini akan menjadi hari yang buruk bagi pasar,” kata Ariane Hayate, manager keuangan di Edmond de Rothschild Asset Management, kepada Bloomberg.

Diketahui saat ini Uni Eropa tengah mengalami masa sulit keuangan karena inflasi tinggi dan pengurangan neraca bank sentral belum dimulai.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.