Bitcoin Kembali ke Harga $ 30 Ribu, Akankah Ciptakan Momentum Bullish?

Share :

Portalkripto.com– Bitcoin mengalami bulan yang berat di Mei ini. Selama sembilan pekan berturut-turut aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini mengalami penurunan beruntun.

Pergerakan ini memecahkan rekor penurunan paling panjang bagi Bitcoin. Sepanjang Mei ini BTC tercatat mengalami penurunan sekitar 22%. Hal ini akan menjadi Mei terburuk kedua bagi BTC.

Berdasarkan data dari penyedia analisis on-chain Coinglass, bahwa penurunan saat ini adalah yang terpanjang keempat. Penurunan ini berlangsung dalam 200 hari.

Namun, saat laporan ini ditulis BTC telah menunujukan rebound kecil dari level terendahnya minggu lalu ($ 28.097). BTC kini mampu menembus kembali level $ 30 ribu. 

Level ini sangat penting bagi pergerakan BTC selanjutnya. Berdasarkan analisis dari Cointelegraph, jika BTC berhasil bertahan dan menebus di atas level $ 30 ribu ini merupakan momentum untuk reli hingga menembus SMA 50-hari di level $35.181.

Hal ini terkonfirmasi oleh indikator relative strength index (RSI) yang menunjukan adanya divergensi positif yang menunjukkan bahwa momentum bearish dapat melemah dan reli mungkin akan segera terjadi.

Namun, jika harga turun dari resistensi overhead ($ 30,528), bear akan mencoba menarik BTC di bawah $28.630. Jika ini benar terjadi,  target penurunan selanjutnya adalah di $24.601.

Paus Serok Bawah

Di sisi lain, berdasarkan analisa on-chain, terdapat sinyal positif. Berdasarkan data dari Glassnode, paus BTC dengan saldo 10 ribu telah mengakumulasi modal mereka. Jumlah dompet paus BTC bertambah sejak Februari 2021 saat BTC menginjak harga tertinggi di tahun ini. 

Ini bisa menjadi indikasi pergerakan BTC akan positif dalam beberapa pekan ke depan. 

Sementara itu, berdasarkan data dari CryptoQuant, menunjukkan pasokan yang direalisasikan dari paus raksasa (dompet di atas $1 juta) telah menurun tajam. Namun sebaliknya, paus dengan saldo $10.000–$100.000 dan $1.000–$10.000 masih melakukan kapitulasi dan belum menunjukkan tanda-tanda menyerah untuk melikuidasi.

“Paus raksasa terus melakukan distribusi. Yang kecil dan pengecer tetap mempertahankan status defensif,” kata analis CryptoQuant, Julio Moreno.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.