Bitcoin Masih Bertahan di Atas Level $22K, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan XRP, 24 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Konsistensi pergerakan harga Bitcoin yang masih bertahan untuk bergerak diatas level $22K berdampak positif untuk keseluruhan pasar kripto. Hal tersebut bahkan menjadi peluang bagi beberapa altcoin untuk bergantian pumping.

Cashtag, fitur pelacakan harga indeks aset di Twitter, menambahkan puluhan indeks harga aset kripto seperti Solana (SOL), Dogecoin (DOGE), dan Sandbox (SAND) dalam deck hasil pencarian platform tersebut. Fitur ini tidak hanyak berlaku untuk kripto, tetapi komoditas lain, seperti saham Tesla (TSLA), Walmart (WMT), dan Amazon (AMZ).

Menjelang Shanghai upgrade, pengembang Ethereum melakukan pengujian (testnet) yang diberi nama “shadow fork”. Testnet tersebut dibuat untuk menguji kondisi yang diperlukan untuk penarikan staking ETH, yang saat ini dinonaktifkan tetapi kemungkinan akan diaktifkan kembali dalam upgrade nanti.

Nama testnet tersebut adalah “Withdrawal-Mainnet-Shadow-Fork-1”. Menurut penyedia node Web3 Alchemy, “shadow fork” adalah cabang mainnet yang digunakan hanya untuk tujuan pengujian.

Bitcoin kembali ditutup hijau, naik sebesar 0,92%, setelah bertahan bergerak diatas resistance yang menjadi support terdekat. ETH menruskan koreksi, ditutup merah dengan penurunan sebesar 0,07%, dan BNB melanjutkan tren positif, dengan kenaikan sebesar 0,69%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto bergantian mengalami kenaikan ditengah sidewaysnya laju Bitcoin, seperti Threshold (T) yang berhasil naik tinggi, sebesar 78,79%, LDO berhasil rebound dengan kenaikan sebesar 14,41%, dan GRT mencatatkan kenaikan sebesar 8,31%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali terdorong naik, sebesar 0,91%, ditutup pada level $1 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,014 triliun, dan titik terendah berada pada level $979,685 miliar.

Kondisi pasar kripto saat ini menarik sentimen positif dari pelaku pasar. Fear dan greed index naik dua poin, ditutup pada level 52, dengan kategori Netural.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan XRP berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin mempertahankan laju sideways setelah mengalami kenaikan pada 20 Januari. Kandil harian Bitcoin ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 0,92%. Volume perdagangan ditutup pada 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $22.916, level tertinggi berada pada harga $23.180, dan level terendah berada pada harga $22.500.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin masih bergerak sideways diatas titik support terdekatnya pada level $22.488. Penurunan harga kerap terjadi dan mampu ditahan oleh titik tersebut.

Area supply pada level $23.888-$25.198 menjadi target naik Bitcoin saat ini, tentu saja apabila pergerakan harga Bitcoin mampu meneruskan laju bullishnya.

Relative strength index (RSI) konsisten berada pada area overbought sejak 14 Januari. Hal tersebut mengindikasikan bahwa lemahnya tekanan jual di saat harga Bitcoin mengalami kenaikan.

ETH/USDT 1D Binance

ETH kembali mengalami pelemahan harga, setelah kandil harian ditutup merah, turun sebesar 0,07%. Penutupan kandil ETH membentuk doji, hal tersebut mengindikasikan keseimbangan antara aksi jual dan beli.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.626, level tertinggi berada pada harga $1.648, dan level terendah berada pada harga $1.585.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH kembali koreksi setelah laju naik mengalami penolakan ketika menyentuh resistance di level $1.663 yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 29 Oktober.

Harmonic support pada level $1.537 menjadi tahanan terdekat apabila pergerakan harga ETH kembali koreksi.

Breakout resistance pada level $1.663 merupakan kunci utama untuk kembali menarik sentimen positif pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

BNB/USDT 1D Binance

BNB kembali ditutup positif setelah penurunan harga tertahan titik support terdekat. Kandil harian BNB ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 0,69%. Volume perdagangan masih ditutup rendah, dibawah 20-day MA.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $305,1, level tertinggi berada pada harga $307,8, dan level terendah berada pada harga $300,8.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB masih berusaha untuk breakout harmonic resistance pada ratio 0.618 fibonacci reteracement di level $307,8.

Breakout terhadap titik tersebut menjadi pemicu yang baik untuk bergerak lebih tinggi. Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 25 Mei di level $337,9 menjadi target naik utama apabila harga BNB berhasil breakout.

Resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $298,6 masih terlihat cukup solid untuk menahan penurunan harga BNB.

XRP/USDT 1D Binance

XRP kembali bergairah, berhasil breakout 200-day EMA. Kandil harian XRP ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 5,74%.

Naiknya harga tersebut didukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada diatas 20-day MA. Tekanan beli terlihat kembali menguat, hal tersebut terlihat dari RSI yang kembali naik menyentuh area overbought.

Daily candle XRP pagi ini ditutup pada harga $0,4234, level tertinggi berada pada harga $0,4330, dan level terendah berada pada harga $0,3995.

XRP/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga XRP mengalami kenaikan yang cukup tinggi, berhasil breakout 200-day EMA dan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 25 November di level $0,4226.

Apabila pergerakan harga XRP berhasil mempertahankan lajunya diatas level tersebut, maka kemungkinan akan ada penguatan lebih lanjut.

Jika aksi beli dan volume perdagangan masih tinggi, kemungkinan laju bullish XRP akan berlanjut dengan target berada pada harmonic resistance pada level $0,4685.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.