Bitcoin Terperosok ke Harga US$ 33 ribu, Efek Bacotan Trump?

Portalkripto.com– Harga Bitcoin kembali terkoreksi ke level US$ 33 ribu atau turun sebesar 7,6%, pada perdagangan Selasa, 8 Juni 2021 (07.36 WIB). Penurunan ini merupakan yang paling rendah selama 7 hari terakhir. Pada perdagangan hari sebelumnya, Bitcoin nampak masih mengambang di harga US$ 36-37 ribu.

Di awal pekan Juni 2021 Bitcoin nampak belum mampu menembus harga di atas US$ 39 ribu. Meski sejumlah dorongan dan isu seperti Konferensi Bitcoin 2021 Miami, dan rencana El Savador serta Paraguay yang akan meregulasi penggunaan crypto, harga Bitcoin masih belum mampu berbicara banyak. 

Namun, sebaliknya statement bekas Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada sesi wawancara dengan FOX Business nampaknya mempengaruhi performa pasar pada perdagangan hari ini. Setelah Trump bilang Bitcoin seperti scam dan akan menggangu Dollar AS, harga Bitcoin terpantau turun.

http://

Meski demikian, apabila ditinjau dari data on-chain, Bitcoin saat ini berada dalam fase akumulasi baru. Di mana pemegang jangka panjang mulai kembali mengakumulasi. Menurut analisis Glassnode pada laporan terbarunya pekan ini, menyebutkan bahwa  pasokan yang dipegang oleh pemegang BTC jangka panjang saat ini mulai meningkat.

LIHAT JUGA: Bitcoin Bisa Kembali Sentuh Harga US$ 58 Ribu, Begini Skemanya

“Pasokan long term hold sekarang dalam tren naik yang kuat, dan mirip dengan tren yang terlihat selama peningkatan akhir 2017 dan penurunan awal 2018,” tulis Glassnode.

Selain itu, Glassnode melaporkan bahwa terdapat fakta bahwa jumlah BTC yang saat ini dipegang oleh pemegang jangka panjang sebesar 2,3 juta lebih banyak daripada pada puncak tahun 2017. 

Glassnode mencatat bahwa fenomena ini menjadi sinyal untuk pergerakan yang lebih tinggi ke depan.