Bitzlato Ditutup Bikin Pasar Kripto Menggigil, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, BNB, dan LINK, 19 Januari 2023

Share :

Portalkripto.com — Penutupan kandil harian pada keseluruhan aset kripto pagi ini harus ditutup merah. Hal tersebut terjadi setelah laju naik mengalami pelemahan, dan adanya berita negatif terhadap Bitzlato.

Berita tidak sedap datang dari salah satu platform pertukaran aset kripto, Bitzlato. Perusahaan yang terdaftar di Hong Kong tersebut diduga memeroses dana ilegal sebesar $700 juta.

Jaksa Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa Bitzlato menukar lebih dari $700 juta mata uang kripto dengan Hydra Market, yang merupakan pasar online ilegal untuk narkotika, informasi keuangan curian, dokumen identitas palsu, dan layanan pencucian uang, yang ditutup oleh penegak hukum AS dan Jerman pada April 2022.

Federal Bureau of Investigation (FBI) AS menangkap Anatoly Legkodymov, seorang warga Rusia yang tinggal di Tiongkok, dan merupakan salah satu pendiri Bitzlato, pada 17 Januari di Miami. Legkodymov dijadwalkan akan diadili di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan Florida.

Kandil harian Bitcoin kembali ditutup merah, dengan penurunan sebesar 2,16%. ETH mengalami hal serupa, dengan penurunan sebesar 3,46%, dan BNB terkena dampak lebih besar, dengan penurunan sebesar 4,24%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto berhasil melawan arus, dengan mencatatkan penutupan positif, seperti KAVA, berhasil naik sebesar 11,62%, dan SHIB dengan kenaikan sebesar 5,88%.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali koreksi, mengalami penurunan sebesar 2,79%, ditutup pada level $917,259 miliar, dengan level tertinggi berada pada level $966,617 miliar, dan level terendah berada pada level $905,046 miliar.

Koreksi harga yang terjadi pada penutupan kandil harian pagi ini berdampak negatif terhadap sentimen pasar. Fear and greed index turun tuju poin, ditutup pada level 45, dengan kategori Fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB, dan LINK berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT 1D Binance

Bitcoin kembali turun dibawah 200-day exponential moving average (EMA). Kandil harian Bitcoin ditutup merah, dengan penurunan sebesar 2,16%.

Aksi jual yang tinggi menjadi salah satu faktor penurunan harga Bitcoin. Volume perdagangan ditutup tinggi, berada diatas 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $20.677, level tertinggi berada pada harga $21.650, dan level terendah berada pada harga $20.407.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin berhasil breakdown 200-day EMA di level $20.986, dan menyentuh support terdekat di level $20.576.

Titik support tersebut merupakan tahanan penting yang harus mampu menyokong kembali pergerakan harga Bitcoin untuk kembali menarik sentimen positif pasar.

Penurunan harga kemungkinan akan berlanjut apabila penurunan harga Bitcoin berhasil breakdown support terdekatnya, maka tahanan selanjutnya berada pada harmonic support di level $19.622.

ETH/USDT 1D Binance

ETH kembali koreksi dan retest 200-day EMA sebagai support terdekat. Kandil harian ETH ditutup merah dengan penurunan sebesar 3,46%.

Tekanan jual tinggi menjadi salah satu alasan penurunan harga saat ini. Hal tersebut terlihat dari penurunan relative strength index (RSI).

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.511, level tertinggi berada pada harga $1.610, dan level terendah berada pada harga $1.501.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH kembali bergerak turun dan retest dinamis support pada 200-day EMA di level $1.505.

Jika titik support tersebut cukup kuat, maka ada kemungkinan pergerakan harga ETH kembali bergerak naik mendekati harga tertinggi penutupan kandil harian 17 Januari di level $1.609.

Tetapi apabila penurunan harga ETH lebih memilih untuk breakdown support terdekatnya, maka penurunan harga akan berlanjut dengan target berada pada level $1.439.

BNB/USDT 1D Binance

BNB mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kandil harian BNB ditutup merah dengan penurunan sebesar 4,24%. Aksi jual yang tinggi menjadi salah satu penyebab utama penurunan harga tersebut.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $286,7, level tertinggi berada pada harga $305,3, dan level terendah berada pada harga $281,1.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB berhasil breakdown support terdekat di level $298,6. Saat ini, penurunan harga BNB terlihat kembali menyentuh 200-day EMA di levl $288,8.

Penutupan kandil harian BNB tidak terlihat bagus, karena berada dibawah 200-day EMA. Dinamis support pada 50-day EMA di level $273,9 menjadi tahanan selanjutnya jika penurunan harga BNB berlanjut.

Pergerakan harga BNB sudah membentuk Cup dari Cup & Handle pattern. Koreksi harga saat ini kemungkinan akan membentuk handle. 50-Day EMA merupakan tahanan penting, karena jika penurunan harga berhasil breakdown titik tersebut, maka Cup & Handle pattern dinilai tidak valid.

LINK/USDT 1D Binance

Pergerakan harga LINK mengalami penolakan ketika laju naik menyentuh resistance. Kandil harian LINK ditutup merah, dengan penurunan yang cukup dalam, sebesar 6,91%. Volume perdagangan ditutup tinggi, berada diatas 20-day MA.

Tekanan jual mulai mendominasi, hal tersebut terlihat dari penurunan RSI mendekati area netral.

Daily candle LINK pagi ini ditutup pada harga $6,334, level tertinggi berada pada harga $6,985, dan level terendah berada pada harga $6,256.

LINK/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga LINK dimulai ketika laju naik mengalami penolakan ketika menyentuh resistance yang tercipta pada penutupan kandil harian 13 Desember di level $7,101.

Penutupan kandil harian pagi ini menyentuh dinamis support pada 50-day EMA di level $6,342. Titik tersebut merupakan tahanan penting untuk mencegah terjadinya penurunan lebih dalam.

Kemungkinan harga LINK kembali menyetuh area support solidnya pada level $5,283-$5,886, apabila pergerakan harga berhasil breakdown 50-day EMA.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.