Blockchain Layer-2 Shibarium dari Shiba Inu Siap Meluncur 2023

Share :

Portalkripto.com — Tahun 2023 tampaknya akan bullish bagi Shib Army karena blockchain layer-2 Shibarium dikabarkan akan dirilis. Kabar ini disampaikan pengembang utama Shiba Inu, Shytoshi Kusama di Twitter.

Ia mengatakan, Shibarium akan diluncurkan segera setelah Tahun Baru. Namun Shytoshi tidak mengungkapkan tanggal pastinya.

Sejumlah perusahaan telah menggunakan token SHIB sebagai alat pembayaran. GameStop dan Nordstrom, misalnya, menerima pembayaran SHIB melalui Flexa.

Sementara Twitch mengizinkan pengguna untuk memberikan SHIB sebagai dukungan terhadap streamer favorit mereka. NOWPayments, platform pembayaran kripto, juga mendorong layanan streaming berlangganan populer seperti Netflix dan Spotify untuk menerima pembayaran dengan Shiba Inu.

Namun, Shiba Inu yang dibuat di blockchain Ethereum dinilai sudah terlalu lamban dan mahal karena gas fee yang tinggi. Pada Mei 2021, pengembang Shiba Inu memperkenalkan rencana blockchain layer-2 Shibarium yang akan mengatasi masalah itu.

Sama seperti blockchain scaling solution lainnya, Shibarium  didesain untuk mempercepat dan mempermurah transaksi SHIB di jaringan Ethereum dengan meningkatkan skalabilitas.

Shibarium juga bisa membantu ekosistem Shiba Inu bersaing dengan blockchain scalling solution lainnya di jaringan Ethereum, seperti Polygon. Dengan layer-2 ini, Shiba Inu yang awalnya dianggap hanya sebagai meme koin, bisa dilihat sebagai aset yang benar-benar bernilai.

Shibarium akan menjadi platform berbiaya rendah dengan kecepatan transaksi yang tinggi untuk decentralized applications (dApps). Semua proyek Shiba Inu bisa dijalankan dalam protokol ini, termasuk SHIB: The Metaverse, NFT Shiboshi, dan game play-to-earn (P2E).

Mendorong Harga SHIB

Peningkatan adopsi Shibarium juga akan mempercepat pembakaran token SHIB. Hal ini dapat mendongkrak harga SHIB secara signifikan pada 2023.

Sejumlah analis menunjukkan, peluncuran Shibarium dapat menyebabkan kenaikan harga SHIB hingga 100%. Menurut CoinMarketCap, saat ini, SHIB diperdagangkan di harga $0.000007921.

SHIB menjadi satu dari banyak token yang terdampak crypto winter 2022. SHIB telah mengalami penurunan tajam hingga 90% dari titik tertinggi sepanjang masanya pada Oktober 2021.

Pergerakan harga SHIB. (sumber: CoinMarketCap).

Meski Shibariun sangat ditunggu-tunggu karena bisa mendorong harga SHIB, ternyata penyebaran token meme tersebut tidak ideal. BeinCrypto melaporkan, 70% token SHIB dipegang oleh investor besar atau whale. Jika whale itu melakukan aksi jual massal, maka harga SHIB bisa terguncang.

Penyebaran token SHIB. (sumber: IntoTheBlock).

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.