Booming di 2022, Apa Itu Ethereum Name Service?

Share :

Portalkripto.com — Ethereum Name Service atau ENS memecahkan rekor registrasi domain pada 2022. Data dari Dune Analytics menunjukkan, 2,82 juta nama domain telah dibuat oleh lebih dari 630.000 wallet unik sejak 2017.

Sebanyak 459.000 di antaranya diklasifikasikan sebagai ‘primary names’. Primary names adalah alamat ENS yang dapat digunakan sebagai proxy untuk mencari informasi di blockchain explorer, seperti Etherscan.

Registrasi terbanyak terjadi pada September 2022, tepat saat jaringan Ethereum melakukan transisi mekanisme konsensus ke proof-of-stake atau The Merge. Dalam bulan itu, ada 430.000 nama domain yang dibuat.

Apa Itu Ethereum Name Service?

Alamat wallet kripto biasanya berbentuk untaian kata yang panjang, yang terdiri atas campuran huruf dan angka. Jika Anda ingin mengirim dana ke orang lain lewat jaringan Ethereum, maka Anda harus menuliskan nama alamat wallet tujuan dengan benar.

Dalam blockchain, jika Anda mengirim dana ke wallet yang salah karena salah tulis alamat, maka dana itu akan hangus dan hilang. Tidak ada entitas terpusat yang bisa dihubungi untuk bisa mendapatkan kembali dana tersebut.

Ethereum Name Service (ENS) dalam blockchain memiliki konsep yang sama dengan Domain Name Service (DNS) dalam Internet. DNS, yang diciptakan oleh Paul Mockapetris, ilmuwan komputer di AS, pada 1983, mengkonversi alamat internet protocol (IP) menjadi domain yang lebih sederhana.

ENS serupa dengan itu, hanya saja menyesuaikan dengan keburuhan pengguna Ethereum. Dengan ENS, alamat wallet Ethereum yang panjang akan dikonversi menjadi alamat wallet yang mudah dibaca manusia.

Misalnya, alamat wallet 0xde0B295669a9FD93d5F28D9Ec85E40f4cb697BAe dikonversi menjadi ‘foundation.eth’.

Artinya, pengguna hanya perlu menulis ‘foundation.eth’ daripada harus menulis alamat wallet asli yang panjang lebar, jika ingin melakukan transaksi. ENS tentu memudahkan pengguna dan meminimalisir kesalahan penulisan saat mengirim dana.


Alamat wallet Ethereum dikonversi menjadi ENS.

Cara Kerja ENS

Ada dua komponen inti dalam ENS, yakni registry dan resolvers. Registry terdiri dari smart contract yang dirancang untuk menyimpan semua domain dan subdomain.

Registry juga bertugas untuk menyimpan tiga informasi penting dari masing-masing domain, di antaranya mengenai pemilik domain, resolver domain, dan time-to-live (TTL) yang berada di bawah domain.

Pemilik domain di registry ENS diperbolehkan untuk mengubah kepemilikan subdomain, mentransfer kepemilikan domain mereka ke alamat wallet lain, menetapkan resolver dan TTL untuk domain.


Cara Kerja ENS. (sumber: ENS)

Sementara resolver bertugas untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat wallet aslinya. Seperti proses dalam bagan di bawah ini.

Cara Kerja Resolver. (sumber: ENS)

Cara Mendaftar ENS

Untuk melakukan pendaftaran domain ENS, Anda harus memiliki hot wallet seperti MetaMask. Lalu masuk ke situs app.ens.domains dan tulis nama domain yang ingin didaftarkan. Situs akan mengecek apakah nama domain itu masih tersedia.

Jika nama domain sudah diterima, Anda tinggal mengikuti instruksi yang ada dalam situs tersebut.

ENS memiliki token ERC-20 di blockchain Ethereum untuk melakukan tata kelola terkait sistemnya. Pemegang token ENS dapat mengajukan proposal tata kelola dan memberikan suara dalam setiap pemungutan suara.

Ada pula forum discuss.ens.domains yang menjadi tempat berkumpulnya anggota komunitas untuk mendiskusikan gagasan terkait tata kelola ENS.

Sama seperti platform terdesentralisasi lainnya, ENS juga dioperasikan oleh decentralized autonomous organization (DAO). DAO dikelola oleh pemegang token ENS dan bertugas untuk mengembangkan protokol.

Ada pula ENS Foundation yang didirikan di Cayman Island untuk mengurus persyaratan pajak, melakukan perjanjian kontrak dengan entitas lain, dan bertanggung jawab atas ENS DAO.

ENS tak hanya terbatas pada penyederhanaan alamat wallet Ethereum. Perusahaan research Delphi Digital pada Juli lalu mengatakan, banyak pembeli yang menjadikan ENS sebagai investasi.

Mereka akan membuat nama domain yang unik di Ethereum Name Service dan menjualnya dengan harga mahal. Domain 000.eth, misalnya, memecahkan rekor penjualan dengan harga 300 ETH.