Breaking News: Bitcoin Terjun ke Harga Rp 566 Juta

Portalkripto.com– Bitcoin (BTC) terjun ke harga US$ 39 ribu atau setara dengan Rp 56 juta, pada perdagangan Rabu, 19 Mei 2021. Mata uang kripto tersebut turun 12,98% satu hari, dan 30,56% dalam 7 hari terakhir.

Berdasarkan data Coinmarketcap, selain penurunan harga, market cap BTC pun turun sebesar 12,4% menjadi US$745,412,460,700

Penurunan harga BTC ini turut mempengaruhi performa sejumlah alt coin. Ethereum (ETH) anjlok 15,87% ke harga US$ 29 ribu, Binance Coin pun turun 18,22% ke harga US$ 432. 

Secara teknikal, pergerakan harga Bitcoin (BTC) saat ini masih akan lanjut ke area koreksi. Walaupun sempat pullback setelah menyentuh titik support sebelumnya di tanggal 28 Februari 2021 pada harga US$43,292 , tetapi hal tersebut belum cukup untuk meng-konfirmasi bahwa pergerakan harga BTC akan terus merangkang naik. 

LIHAT JUGA: Prediksi Pergerakan Harga Bitcoin, Ethereum, dan Link; Serok atau Hold?

Konfirmasi dapat diperkuat apabila laju pergerakan BTC mampun breakout harga US$49,746 yang merupakan resistance terdekatnya pada time frame 1D pada market Binance.

Pelemahan harga Bitcoin ini salah satunya dipengaruhi oleh sentimen negatif pasar setelah CEO Tesla Elon Musk melempar diskusi terkait energi kotor yang banyak digunakan oleh penambang Bitcoin.

Selain itu, sejak tiga bulan terakhir dominasi BTC terus mengalami pengurangan, dan menjadi yang terburuk sejak tiga tahun terakhir. Saat artikel ini ditulis, dominasi BTC berada di 39-40%.

Kabar mengenai pelarangan perdagangan aset crypto di China memperparah sentimen pasar di minggu ini. Setelah perkumpulan asosiasi perdagangan China mengumumkan hal tersebut, harga BTC terus anjlok. 

DISCLAIMER:

Selalu diingat, untuk spot market jangan all in pada satu titik harga beli karena apabila harga sudah mencapai pada titik beli kemudian harga terus turun hingga titik beli 2, kami lebih menyarankan untuk melakukan Averaging (bisa dilihat pada kolom Tips). Karena berdasarkan Fundamental untuk market Cryptocurrency ke depannya terlihat cerah. Apabila ketika sudah membeli suatu aset Cryptocurrency dan harga melaju turun , lebih baik di hold dan dijadikan sebagai investasi untuk kedepannya.

Selalu ingat, untuk trading di cryptocurrency gunakan uang dingin , jangan menggunakan uang dapur apalagi uang panas (pinjaman, dana kas kantor, dll), selalu melakukan riset baik itu secara sendiri maupun melalui berbagai referensi baik secara fundamental atau teknikal.

Tim Portalkripto hanya membantu menganalisis secara Fundamental dan Teknikal, keputusan terakhir ada pada tangan anda masing-masing.