Breaking News : FTX Ajukan Permohonan Bangkrut dan SBF Mundur dari Jabatan CEO

Share :

Portalkripto.com — Krisis FTX sepertinya memasuki fase puncak setelah exchange kripto terbesar kedua di dunia itu mengajukan pailit atau permohonan bangkrut.

Selain itu, Sam Bankman-Fried (SBF) mengajukan resign dari jabatannya sebagai CEO dan posisinya digantikan oleh John J Ray III. Kabar mengejutkan ini disampaikan melalui rilis FTX pada Sabtu, 11 November 2022, malam waktu Indonesia.

Dalam rilis tersebut, disebutkan FTX.com menyatakan FTX US, Alameda Research, dan 130 perusahaan afiliasi lainnya yang disebut FTX Group mengajukan perlindungan kepailitan Bab 11 ke pengadilan distrik Delaware.

Selanjutnya FTX meminta lembaga terkait untuk memulai proses kepailitan dan menggunakan aset yang mereka miliki untuk kepentingan para stakeholders.

Sementara SBF, meski telah mundur dari CEO, masih akan membantu proses transisi. FTX juga meminta seluruh karyawannya yang tersebar di berbagai negara untuk tetap bekerja dan membantu CEO yang baru keluar dari krisis ini.

Dalam pemberitahuan itu, Ray mengatakan berdasarkan Bab 11 pengadilan akan secepatnya memproses kepailitan dan memenuhi hak-hak para pemangku kepentingan.

“FTX masih memiliki aset yang berharga dan itu hanya bisa dikelola dengan baik dan efektif dalam sebuah kelembagaan yang benar. Saya ingin memastikan kepada semua pihak proses kepailitan ini dijalani dengan hati-hati, ketelitian, dan transparan,” tegasnya.

Perusahaan afiliasi FTX lainnya yang tidak mengajukan kepailitan adalah LedgerX, LLC, FTXD Digital Market Ltd, FTX Australia, dan FTX Express Pay Ltd.