Bursa Kripto Gemini Pecat 10% Pekerja

Share :

Portalkripto.com — Bursa Kripto Gemini dilaporkan memecat 10% pekerjanya. Kabar pemecatan karyawan bursa yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat (AS) ini dimuat dalam laporan The Information yang terbit pada 23 Januari 2023.

Laporan tersebut mengutip beberapa alasan pemecatan 10% karyawan oleh Gemini. Beberapa alasan utama pemecatan adalah karena kondisi ekonomi makro yang buruk serta ‘penipuan’ yang dilakukan sejumlah aktor jahat di dunia kripto.

“Adalah harapan kami untuk menghindari pengurangan lebih lanjut setelah musim panas ini, namun, kondisi ekonomi makro negatif yang terus-menerus dan penipuan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh pelaku jahat di industri kita membuat kami tidak punya pilihan lain selain merevisi prospek kami dan mengurangi jumlah karyawan lebih lanjut,” tulis salah satu pendiri Gemini, Cameron Winklevoss, dalam sebuah pesan internal.

Pemecatan tersebut menandai gelombang anyar pemecatan yang dilakukan Gemini. The Information menyebut Gemini sudah melakukan tiga kali pemecatan dalam delapan bulan terakhir. Jumlah karyawan Gemini turun secara keseluruhan dari 1.100 pada awal 2022 menjadi antara 650 dan 700 orang menjelang akhir tahun.

Gelombang pemecatan ini juga memperpanjang daftar parade lay-off pekerja industri kripto yang telah terjadi sejak tahun 2022. Sejumlah bursa kripto lain yang telah melakukan pemecatan antara lain Coinbase, Kraken, hingga Crypto.com. CoinDesk memperkirakan telah ada hampir 27.000 pekerja yang didepak dari seluruh industri sejak April tahun lalu.

Baru-baru ini, Gemini yang didirikan oleh Cameron dan Tyler Winklevoss, terlibat perseteruan sengit dengan platform lending yang telah bangkrut Genesis, serta perusahaan induknya, Digital Currency Group (DCG). Genesis disebut memiliki utang $900 juta karena tak kunjung membayar kewajiban dalam program Earn kepada investor.

Gemini dilaporkan menyetujui opsi restrukturisasi utang Genesis dengan masa skors penundaan pembayaran piutang mereka dalam jangka waktu satu atau dua tahun. Sebagai gantinya, Gemini akan menerima pembayaran tunai dan ekuitas di perusahaan induk DCG.