Cardano Semakin Menggeliat, Dalam Sebulan Kerjakan 400 Proyek dan 100.000 Wallet Baru

Share :

Portalkripto.comBlockchain Cardano (ADA) semakin menggeliat. Dalam sebulan terakhir, pelopor governance blockchain tersebut telah mengerjakan 400 proyek dan 100.000 wallet baru.

Dalam postingannya di Twitter, perusahaan dibalik Cardano, IOHK, menuliskan sekitar 900 proyek sedang dalam tahap pengembangan di jaringannya. Jumlah tersebut naik sekitar 400 sejak 11 Maret. Sebelumnya, Wakil Presiden IOHK Tim Harrison, menyatakan bahwa total proyek di Cardano berjumlah 500.

Cardano adalah blockchain proof-of-stake (PoS) publik dan terdesentralisasi yang dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum Charles Hoskinson pada tahun 2017.

Merujuk perkembangan positif di Cardano dalam 10 hari terakhir, IOHK menyoroti enam proyek mulai dari pertukaran token hingga aplikasi DeFi yang ditayangkan di mainnet, diuji di tesnet, hingga diluncurkan melalui open beta.

Salah satu proyek baru yang mendapat perhatian besar adalah AGIX ERC-20 Converter Bride yang dikembangkan bekerja sama dengan SingularityNET.

Konverter tersebut sudah beroperasi minggu ini dan memungkinkan penggunanya memakai Token ERC-20 berbasis Ethereum di jaringan Cardano, dengan sektor jaringan DeFi diharapkan menjadi penerima manfaat yang signifikan.

LIHAT JUGA: Pendiri Cardano: Aset Kripto Sangat Penting Bagi Warga Afghanistan Hadapi Rezim Taliban

Meskipun semakin banyak proyek yang dikerjakan, jumlah DApps yang aktif dan berjalan di Cardano masih terbatas. DeFi Llama mencatat hanya 10 platform yang menghasilkan total nilai terkunci (TVL) senilai $224,96. Empat dari 10 platform tersebut bahkan memiliki nilai $0 TVL dan berada di luar token asli mereka.

Di sisi NFT, Cardano juga tidak masuk dalam 15 blockchain teratas dalam hal volume penjualan selama 24 jam terakhir. Hanya Theta di peringkat ke-15 yang menghasilkan $375 selama periode tersebut.

Sejak meluncurkan kontrak pintar pada bulan September, Cardano mengalami burn yang lambat. Hal ini disebabkan oleh jaringan yang belum sepenuhnya maksimal dan belum bisa bersaing dengan Ethereum (ETH) atau bahkan dengan “pembunuh ETH” seperti Solana, Avalanche dan Flow.

Meski begitu, Hoskinson mengatakan Cardano akan mengalami perkembangan menjanjikan dalam waktu dekat dengan di-upgrade-nya Vasil Hard Fork pada bulan Juni. Hoskinson menambahkan, pemuktahiran itu akan membuat kinerja Cardano meningkat termasuk untuk mengerjakan kontrak pintarnya.

Pertumbuhan ADA Wallet Melonjak

Salah satu area yang sedang tumbuh pesat dalam ekosistem Cardano adalah aktivitas wallet. Data Blockchain Cardano menunjukkan bahwa jumlah ADA wallets meningkat 100.000 sejak 22 Maret. Per 19 April jumlah totalnya mencapai 3,268 juta wallet.

Dalam jangka waktu tersebut, tingkat rata-rata ADA wallets baru per hari melonjak dari sekitar 2.000 menjadi 8.129. Meski jumlahnya meningkat, namun jumlah transaksi atau pembayaran per hari hampir tidak ada. Data menunjukkan jumlah transaksi pada 22 Maret sebanyak 106.952, turun menjadi 106.525 pada 19 April.

LIHAT JUGA: Bekas CEO Twitter Kritik Ethereum Usai Balas Tweet Vitalik Buterin

Namun Cardano tetap optimis karena nilai transaksi yang lebih besar dari $100.000, jumlahnya meningkat 50 kali lipat sejak awal 2022. Hal ini mengindikasikan pemain besar sudah bermain dalam ekosistem Cardano.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.


AZNverse