CEO Binance Sebut Berita Penyelidikan CFTC AS Upaya Menyebarkan Ketakutan

CEO Binance, Changpeng Zhao

Portalkripto.com– Kabar terkait penyelidikan yang dilakukan oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC) terhadap platform jual-beli mata uang kripto Binance membuat pasar aset digital ini memerah. Sejumlah koin, termasuk BNB–koin asli Binance–mengalami penurunan yang sangat signifikan, sempat menyentuh 17%. 

CEO Binance, Changpeng Zhao membuat cuitan setelah kabar tersebut beredar, Jumat, 12 Maret 2021. Dalam cuitannya, Changpeng mengatakan itu semua merupakan bagian dari ketakutan dan ketidakpastian yang disebarkan oleh pihak yang kontra terhadap ekosistem kripto.

“Ini bukan pasar bullish tanpa beberapa FUD. Abaikan FUD, teruslah BUIDLing,” tweetnya setelah berita tersebut tersebar.

 

FUD merupakan akronim dari Fear, Uncertainty, and Doubt. Atau menyebarkan ketakutan, ketidakpastian, dan disinformasi. Upaya penyebaran FUD ini sudah sering dilakukan oleh pihak yang kontra terhadap mata uang kripto.

Berita tersebut pertama kali disiarkan oleh Bloomberg, pada Jumat malam, 12 Maret 2021 (WIB). Dalam laporannya tersebut, Bloomberg menggunakan sumber anonim yang disebutkan bahwa narasumber tersebut merupakan pihak CFTC. 

Namun, Bloomberg tidak secara jelas menjelaskan dalam laporannya mengenai apa tindakan yang sedang dilakukan oleh CFTC terhadap Binance. 

Kabar ini tersiar hanya berselang satu hari sejak Binance mengumumkan mengangkat mantan senat Amerika Serikat Maxwell Baucus sebagai penasihat mereka. Baucus yang juga pernah menjabat sebagai duta besar AS untuk China di era Presiden Barack Obama ini ditunjuk sebagai penghubung antara Binance dengan negara atau regulator. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.