Chiliz Luncurkan Blockchain Layer-1 Sendiri, CHZ Meroket 30%

Share :

Portalkripto.com — Chiliz resmi meluncurkan blockchain layer-1 nya sendiri pada Rabu, 8 Februari 2023. Startup kripto di balik platform fan token Socios itu sebelumnya berjalan dalam blockchain Ethereum.

Blockchain yang disebut Chiliz Chain 2.0 tersebut diketahui telah meluncurkan testnet pada Maret tahun lalu. Chiliz Chain 2.0 merupakan fork dari BNB Chain yang beroperasi dengan mekanisme konsensus proof-of-stake authority (PoSA).

Blockchain ini memiliki block time yang lebih singkat, biaya transaksi yang lebih murah, dan penggunaan energi yang lebih sedikit. Chiliz Chain 2.0 juga masih kompatibel dengan fitur blockchain Ethereum karena termasuk dalam rantai Ethereum Virtual Machine (EVM)-compatible.

Block genesis Chiliz Chain 2.0 telah berhasil divalidasi oleh 11 validator aktif.

“Sangat penting bagi kami untuk bisa beralih dari hanya sebagai token menjadi ekosistem blockchain. Rantai Chiliz secara teknis sudah ada sejak 2019, tetapi bukan lintas sistem. Sekarang, saat kami meluncurkan inisiatif ‘Fan Token Everywhere’, kami akan menjadi lebih terbuka,” kata CEO Chiliz Alexandre Dreyfus kepada Decrypt.

“Sampai sekarang, token sebagian besar dijalankan oleh kami sebagai penyedia utilitas, tetapi dengan Chiliz Chain 2.0, pengembang pihak ketiga bisa menambahkan utilitas di atas chain kami,” tambahnya.

Ekosistem Baru Bagi Komunitas Olahraga dan Hiburan

Dengan diluncurkannya Chiliz Chain 2.0, brand olahraga dan hiburan bisa melakukan mint nonfungible token (NFT), membangun aplikasi decentralized finance (DeFi), dan memainkan games play-to-earn.

Dreyfus mengatakan, utilitas fan token juga akan meningkat secara signifikan.

“Hal baiknya adalah ketika memilih Chiliz, Anda sudah mendapatkan akses ke API serta memiliki basis pengguna dan efek jaringan yang masif, dan itulah nilai yang dibawa oleh Chiliz sebagai platform Web3 untuk olahraga dan hiburan,” ujarnya.

Menurut Dreyfus, dalam beberapa bulan mendatang, akan ada sepuluh proyek besar yang akan memanfaatkan blockchain Chiliz, mulai dari proyek tiket NFT, fan token yang berfokus pada atlet, dan mitra infrastruktur Web3.

Token CHZ Melesat

Token asli Chiliz, CHZ, akan mendukung seluruh ekosistem, termasuk semua aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang akan dibangun di atas blockchain Chiliz, persis seperti ETH mendukung proyek di Ethereum.

CHZ bisa digunakan untuk membayar gas fee dan menerapkan smart contract. CHZ juga bisa digunakan dalam operasional lintas rantai dan ditransfer dari Chiliz Chain 2.0 ke Ethereum.

Pemegang token juga dapat menerima rewards untuk mengamankan jaringan melalui staking.

Setelah peluncuran Chiliz Chain 2.0, token CHZ melesat 30%, pada Rabu, 8 Februari 2023, sore. Namun nilainya telah turun lagi 10% sejak itu.

Menurut CoinMarketCap, saat ini CHZ diperdagangkan di harga $0,1504. Sepanjang 2023, token ini menunjukkan kinerja cukup memuaskan dengan kenaikan 33%.

Pergerakan harga CHZ dalam sepekan terakhir. (sumber: CoinMarketCap)

Namun nilainya masih turun 80% dari all-time high (ATH) di $0,7 pada 13 Maret 2021.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.