Coinbase Bisa Dapat Rezeki Nomplok dari Upgrade Shanghai Ethereum

Share :

Portalkripto.com — Tak hanya platform liquid staking, exchange kripto seperti Coinbase juga ternyata bisa mendulang untung dari upgrade Shanghai Ethereum. Perkiraan ini disampaikan oleh bank investasi JP Morgan dalam laporan terbarunya yang dikutip Decrypt.

Upgrade yang diperkirakan akan terjadi pada Maret 2023 itu akan mengimplementasikan Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895. Dalam proposal ini, Ether yang di-staking di Beacon Chain (atau staked ETH), dapat ditarik untuk pertama kalinya oleh investor sejak Desember 2020.

Dengan melakukan staking ETH, investor bisa berpartisipasi dalam memvalidasi transaksi di jaringan Ethereum. Mereka juga bisa mendapatkan rewards.

Menurut JP Morgan, 95% investor retail di Coinbase diprediksi ikut berpartisipasi dengan melakukan staking ETH setelah upgrade Shanghai. Aksi ini bisa memberikan pendapatan tambahan bagi Exchange yang didirikan Brian Armstrong tersebut antara $225 juta hingga $545 juta per tahun.

Coinbase diketahui memotong komisi sebesar 25% dari layanan staking ETH. JP Morgan memperkirakan Coinbase telah mendapatkan keuntungan tahunan dari komisi staking ETH hingga $50 juta.

Sebagai perbandingan, platform staking Lido hanya memotong komisi staking ETH sebesar 10%. Lido bahkan memberikan imbal hasil tambahan bagi investor melalui token stETH.

Setelah Ethereum melakukan upgrade Shanghai, ETH dalam jumlah besar akan dirilis dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan. Menurut Beacon Chain explorer, saat ini ada 16,1 juta ETH yang terkunci di jaringan. Nilainya mencapai $26,4 miliar.

Jumlah ETH yang di-staking vs validator aktif. (sumber: Beacon Chain explorer)

Ada dua tahap yang harus dijalani validator sebelum menarik ETH mereka dari Beacon Chain. Pertama mengantre dan kedua menarik dana.

Proses mengantre bisa berlangsung selama lebih dari dua bulan, terlebih jika ada banyak investor yang ingin menarik ETH mereka secara bersamaan. Selain itu, penarikan ETH juga dilakukan dengan mekanisme bertahap untuk menjaga keamanan jaringan.

Rezeki Nomplok untuk Coinbase

Pendapatan tambahan dari staking ETH ini menjadi angin segar bagi Coinbase di tengah crypto winter. Pekan lalu, exchange tersebut mengumumkan telah menutup cabangnya di Jepang.

Coinbase juga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dua kali dalam waktu berdekatan. PHK pertama menyasar 1.100 karyawan pada Juni 2022 dan PHK kedua menargetkan 950 karyawan pada awal Januari 2023.

Saham Coinbase (COIN) ikut anjlok lebih dari 70% dari $191,48 per saham tahun lalu menjadi $55,16 per saham tahun ini. Namun, kenaikan pasar di awal 2023 berhasil menaikkan saham Coinbase hingga 64% year-to-date.

Staking telah menjadi salah satu sumber penghasilan Coinbase. Sedikitnya 11% dari total pendapatan Coinbase pada kuartal ketiga 2022 berasal dari staking. Selain Ethereum (ETH), Coinbase juga membuka layanan staking Cardano (ADA), Solana (SOL), Cosmos (ATOM), Algorand (ALGO), dan Tezos (XTZ).

Analisis JP Morgan yang menyebut Coinbase akan mendapatkan rezeki nomplok dari upgrade Shanghai tentu berdasarkan fakta bahwa jumlah ETH sangat besar dalam exchange tersebut, hingga 25% dari total aset.

“Meski investor bisa memilih untuk tidak mengikuti program (staking) ini, kami melihat hanya sedikit investor yang benar-benar bisa melepaskan potensi pendapatan pasif yang dihasilkan dari staking,” ujar laporan JP Morgan.