Coinbase: Sepuluh Tahun Mendatang 8 Miliar Penduduk Bumi akan Menggunakan Blockchain

Share :

Portalkripto.com- Penggunaan teknologi blockchain beserta turunannya aset kripto diprediksi akan mengalami peningkatan dalam satu dekade ke depan. Kepala Protokol Coinbase Jesse Pollak menyebutkan bakal ada 8 miliar orang yang akan ketergantungan dengan teknologi tersebut. 

“Kami merasa bahwa masih ada banyak pertumbuhan di depan mata kita,” kata Pollak kepada dikutip dari Decrypt.

Pollak mengatakan, teknologi blockchain akan cepat berkembang di sektor jasa dan layanan keuangan. Menurutnya, hal tersebut bisa dimulai dari game, NFT, atau sektor digital lainnya. 

“Ibaratnya, semua orang akan ditempatkan pada panggung yang sama, di mana mereka memiliki akses ke produk dan layanan yang sama, terlepas dari tempat mereka lahir atau tinggal,” ujar dia. 

Coinbase sendiri saat ini sebagai bursa kripto terkemuka di Amerika Serikat, memiliki rata-rata sekitar 8,4 juta pengguna yang melakukan transaksi setiap bulan dalam kuartal fiskal pertamanya tahun ini, turun 9% dari periode yang sama tahun lalu.

Terdengar Ambisius

Proyeksi Pollak tersebut masih terdengar sangat ambisius. Sejumlah variabel untuk mengukur jumlah pangadopsian teknologi ini di masa depan seperti jumlah penduduk, penggunaan internet, dan lainnya masih belum terlalu mendukung.


Belajar Trading Crypto Tanpa Takut Boncos? Cobain Simulator Upsidebit!


Bahkan, riset yang dilakukan Deutsche Bank pada tahun 2020 pun menyebutkan bahwa penggunaan kripto di tahun 2030 hanya mencapai  200 juta pengguna. Riset ini diukur menyamai pertumbuhan awal internet. 

Dari total populasi penduduk bumi saat ini yang berjumlah 8 miliar orang pun belum seluruhnya  terhubung ke internet. Berdasarkan data Statista, pengguna internet di dunia saat ini masih berada di angka 5 miliar orang, sedangkan pengguna media sosial baru menginjak setengah dari penduduk bumi.

Riset sebelumnya yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG), Bitget, dan Foresight Ventures pun menyebutkan bahwa penggunaan aset kripto di tahun 2030 hanya akan digunakan oleh 1 miliar penduduk. 

Menurut BCG, saat ini hanya terdapat 0,3% dari dana individu yang diinvestasikan dalam kripto. Angka ini tidak sebanding dengan 25% dana individu yang dimasukkan ke dalam ekuitas.

Data itu menyimpulkan bahwa penetrasi investasi yang rendah menunjukkan masih ada banyak ruang bagi kripto untuk tetap tumbuh dan bisa diadopsi dengan luas.