Coinbase Wallet Umumkan Delisting XRP, XLM, BCH, dan ETC Per Januari 2023

Share :

Portalkripto.comExchange kripto raksasa Coinbase mengeluarkan pengumuman mengejutkan baru-baru ini. Wallet exchange kedua terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan ini mengumumkan bakal melakukan delisting terhadap sejumlah token kripto besar seperti XRP, XLM, BCH, dan ETC.

Dalam pengumuman yang dipublikasi pada 29 November 2022, exchange mengatakan bahwa Coinbase Wallet tak akan lagi mendukung deretan aset tersebut dengan alasan penggunaan yang rendah.

“Per Januari 2023, Coinbase Wallet tidak lagi mendukung aset dan jaringan berikut karena penggunaan yang rendah: BCH, ETC, XLM, dan XRP,” demikian pernyataan Coinbase.

Aset Hilang?

Pengumuman tersebut menambahkan bahwa delisting tak serta merta membuat pengguna yang menjadi holder token BCH, ETC, XLM, dan XRP kehilangan kripto mereka.

“Ini tidak berarti aset Anda akan hilang. Aset apa pun yang tidak didukung yang Anda pegang akan tetap terikat dengan alamat Anda dan dapat diakses melalui frase pemulihan Coinbase Wallet Anda.”

Pengumuman delisting Coinbase Wallet

Pengguna tetap bisa melihat dan mengamankan aset yang ditendang Coinbase dari bursa dengan memanfaatkan non-custodial wallet atau wallet pribadi di luar exchange yang mendukung token-token tersebut.

Coinbase menjanjikan pengguna dapat mentransfer aset mereka ke non-custodial wallet walaupun proses delisting telah rampung setelah Januari 2023.

Pengumuman tersebut secara khusus mengacu pada aplikasi Coinbase dan Coinbase Wallet, bukan exchange Coinbase. Belum ada keterangan lebih lanjut dari Coinbase terhadap masa depan deretan token ini di exchange.

Sebelumnya, Coinbase pernah menangguhkan perdagangan XRP pada Januari 2021 menyusul gugatan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat terhadap Ripple Labs selaku penerbit XRP.

XRP adalah cryptocurrency terbesar ketujuh di dunia dengan kapitalisasi pasar lebih dari $19 miliar. XRP juga merupakan koin kripto terbesar ketiga setelah Bitcoin dan Ethereum dengan mengecualikan stablecoin. Manuver Coinbase terhadap XRP ini berpotensi mempengaruhi harga perdagangan token dan pasar kripto secara umum.

Kabar penghapusan token-token tersebut oleh Coinbase Wallet belum memperlihatkan dampak harga yang signifikan. Data real-time CoinMarketCap, harga XRP naik 5% dalam 24 jam terakhir, BCH naik 1,74%, XLM naik 2,28%, dan ETC naik 3,93%.

Grafik harga XRP 24 jam terakhir (Sumber: CoinMarketCap)

Koin-koin lain yang didelisting juga merupakan koin besar. ETC alias Ethereum Classic ETC merupakan kripto terbesar ke-23 berdasarkan CoinMarketCap, Stellar (XLM) peringkat ke-25, dan Bitcoin Cash (BCH) ranking 26.